Mahasiswa Universitas Semarang Membuat Sebuah Program Gunakan Metode K-NN di SMK Garuda Nusantara

Mahasiswa Universitas Semarang kelas sore program studi Teknik Informatika yang bernama Edo, Aldo, Setiawan, dan Edi, membuat sebuah program untuk menentukan Jurusan bagi peserta didik baru dengan menggunakan metode K-NN di SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak.

Dalam rangka tugas akhir mata kuliah Data Mining dengan Dosen Pengampu Pak Saifur Rohman Cholil M.Kom. Program ini dirancang untuk diimplementasikan apa yang diajarkan di perkuliahan. Proses pemilihan yang dilakukan juga masih menggunakan cara yang manual yaitu tes wawancara dan kesehatan. Hal ini diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan untuk memilih jurusan. Adanya program tersebut semua dapat terselesaikan karena input nilai di program langsung dapat diketahui jurusan mana yang cocok dengan nilai yang di inputkan.

Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia senantiasa mendapat perhatian dari berbagai pihak. Tetapi perlu adanya penanganan khusus untuk meningkatkan pendidikan tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan pendidikan Indonesia adalah pemilihan jurusan secara cerdas pada Sekolah Menengah Kejuruan, pemilihan jurusan dilakukan secara rutin setiap tahun. Peserta didik baru di SMK akan melakukan pemilihan jurusan ketika mendaftar pada SMK yang dituju.

Baca juga:   Islam, Pendekatan Kearifan Lokal dan Toleransi di Spanyol

Tujuan penelitian ini yaitu dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan bagi panitia penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk menyeleksi calon peserta didik baru berdasarkan minat, dan kemampuan kompetensinya, mengurangi siswa – siswi yang salah mengambil jurusan, menyelesaikan masalah terhadap siswa yang bimbang dalam mengambil keputusan untuk memilih jurusan karena kurang memahami kompetensi yang dimiliki, menjadikan lulusan yang siap kerja sesuai keahlian dan kompetensinya.

Mahasiswa Universitas Semarang Membuat Sebuah Program Gunakan Metode K-NN di SMK Garuda Nusantara | patinews.com | 4.5

Leave a Reply