Stop Diskriminasi Penderita ODHA

Dalam rangka memperingati World AIDS Day, dr. Novy Oktaviana mengajak semua kalangan untuk menghindari diskriminasi terhadap penderita ODHA dan meyakinkan bahwa penyakit HIV /AIDS harus di jauhi virus nya tetapi jangan menjauhi penderita nya

Setiap hari kami bergelut dan berkumpul dengan para penderita ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), memeriksa status kesehatan mereka dan kami selalu mendengarkan keluh kesah mereka.

Memikirkan penyakitnya saja sudah berat apalagi harus berhadapan dengan pandangan masyarakat tentang penyakit ini.

Ketidaktahuan tentang HIV/AIDS, terlebih pada ketidakpahaman cara penularannya, menciptakan stigma negatif terhadap penyakit tersebut yang kemudian menghasilkan diskriminasi terhadap ODHA.

Padahal HIV tidak mudah menular dan medium penularannya terbatas. Penularan HIV hanya terjadi dengan tiga cara, yaitu hubungan seksual, pertukaran atau kontaminasi darah seperti dalam penggunaan jarum suntik bersamaan, dan secara vertikal yang diturunkan dari ibu kepada anak.

Perlu diketahui oleh masyarakat bahwa HIV tidak menular melalui bertukar pakaian, bersalaman atau bersentuhan, menggunakan toilet bergantian, tinggal serumah dengan orang yang terinfeksi, berbagi makanan dan minuman, gigitan nyamuk atau serangga, atau lewat ciuman.

Baca juga:   Mahasiswa USM Teknik Informatika, Buat Program Pendeteksi Jenis Air di Sekitar Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang

Orang dengan HIV/AIDS sangat bisa hidup berdampingan dengan orang sehat dan tak memengaruhi aktivitas kehidupan sehari-hari. Bahkan ODHA bisa hidup lama dan normal seperti orang sehat asalkan disiplin meminum obat dan kontrol setiap bulan dan setahun sekali.

Intinya, kehidupan ODHA sama saja dengan kehidupan orang normal. Yang membedakan hanya harus minum obat antiretroviral (ARV) setiap hari, sama halnya dengan penyakit lain yang juga minum obat seumur hidup seperti diabetes atau kanker.

Pelaku media sosial yang tidak memiliki pemahaman tentang HIV/AIDS berikut cara penularannya malah akan menambah ketakutan di masyarakat yang tidak cukup memiliki pengetahuan terhadap penyakit tersebut.

Mari bersahabat dengan ODHA dan hilangkan stigma negatif tentang ODHA.

Jauhi Penyakit nya jangan jauhi orangnya.

Dr. Novy Oktaviana

Founder Alzena Skincare Indonesia

Stop Diskriminasi Penderita ODHA | patinews.com | 4.5

Leave a Reply