Categories: wanita

Penyebab Keputihan dan Cara mengatasinya

Umumnya wanita tidak asing dengan keluhan pada vagina. Keputihan merupakan kondisi ketika lendir atau cairan keluar dari vagina. Sebenarnya keputihan adalah cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan melembapkan organ. Ketika seseorang mengalami keputihan maka cairan yang diprosuksi kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri.  Proses inilah yang melindungi vagina dari infeksi.

Penyebab keputihan pada wanita bisa jadi berbeda-beda dan biasanya dikenali berdasarkan jumlah cairan yang keluar hingga warna dan tekstur cairan. Keputihan normal sangat umum terjadi setidaknya 6 bulan sebelum seorang wanita mengalami menstruasi untuk pertama kalainya. Keadaan ini akibat dari perubahan hormon didalam tubuh.

Keputihan bisa muncul akibat rangsangan seksual, sedang menyusui atau stress. Beberapa hal yang membuat seorang wanita rentan mengalami infeksi vagina dan menimbulkan keputihan yaitu mengidap diabetes, konsumsi pil KB, obat kortikosteroid, terdapat iritasi didalam atau sekitar vagina, terlalu sering membersihkan area kewanitaan dengan semprotan air, menggunakan sabun atau lotion yang mengandung parfum atau pewangi.

Melakukan hubungan seksual tanpa kondom dan sering berganti pasangan, menurunnya sistem kekebalan tubuh misalnya akibat HIV dan menipisnya dinding vagina akibat menopause. Namun tidak menutup kemungkinan penyebab keputihan lain yang tidak disebutkan atas. Selama keputihan yang dialami normal maka tidak perlu khawatir.

Berikut cara mengatasi keputihan dari perawatan mandiri hingga dokter yang bisa kamu tiru dan lakukan : Jaga area genital tetap kering dan bersih, jangan menggunakan produk pembersih alat kelamin wanita yang bisa menyebabkan keasaman dan keseimbangan bakteri vagina. Cari dan tentukan atau tanyakan pada dokter produk kewanitaan yang tepat bagi diri anda.

Menghindari menggunakan semprotan higienis wewangian atau bedak di area genital karena bisa menyebabkan infeksi apabila berlebihan, Mengonsumsi yogurt atau suplemen yang mengandung lactobacillus, Jangan lupa hanya menggunakan celana berbahan katun dan say no untuk calana dalam yang terlalu ketat. Ini dikarenakan berhubungan dengan kelembapan daerah vagina.

Selain berkemih, bersihkan vagina dari depan ke belakang sehingga bakteri tidak masuk ke dalam vagina. Tips yang jarang diketahui wanita adalah gunakanlah kompres dingin untuk meredakan gatal dan pembengkakan. Berendamlah dengan air hangat untuk membantu meringkankan gejala lalu keringkan sampai bersih sesudahnya. Sangat disarankan ketika penggunaan panty linier sebaiknya memilih yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam.

Jika terjadi keputihan yang berlebih sebaiknya hindari hubungan seksual terlebih dahulu karena ini dapat memicu penyakit infeksi menular seksual dan bila keputihan abnormal berlangsung dari seminggu dan disertai luka, gatal, pembengkakan segeralah bertemu dengan dokter untuk melakuakn pemeriksaan.

Jangan mengabaikan atau malah meremehkan karena bisa berujung pada penyakit serius lainnya. Pertama kali dokter biasnaya akan melakukan penanganan medis sesuai dengan hal yang menyebabkannya. Contohnya biasanya dokter akan memberikan obat obatan untul keputihan berlebihan atau abnormal seperti obat antibiotik untuk keputihan yang disebabkan oleh bakteri penyebab keputihan.

Obat antijamur bila keputihan disebabkan infeksi jamur. Obat ini bisa dalam bentuk krim atau gel yang dioleskan di bagian dalam vagina selain itu ada pula obat obatan lain bila keputihan disebabkan oleh parasit. Untuk itu maka segeralah melakukan pemeriksaan tes atau lainnya untuk mengetahui keputihan anda normal atau abnormal ke dokter agar ditindak lebih lanjut.

review

Share
Published by
review

Recent Posts

Haflah Maulidurrosul TPQ Nurul ‘Ulum Kebolampang Bersama Mahasiswa KKN UIN Walisongo

Haflah Maulidurrosul TPQ Nurul ‘Ulum Kebolampang Bersama Mahasiswa KKN UIN Walisongo WINONG, PATINEWS.COM Mahasiswa Kuliah…

31 Oktober 2020

Peringati Maulid Nabi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Ngaji Online Kitab Mafahim di Desa Banyuurip

Peringati Maulid Nabi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Ngaji Online Kitab Mafahim di Desa Banyuurip…

31 Oktober 2020

Satpol PP Kabupaten Pati Launching Aplikasi SIRAJA

Satpol PP Kabupaten Pati Launching Aplikasi SIRAJA PATI, PATINEWS.COM Bertempat di Aula Satpol PP Kabupaten…

31 Oktober 2020

Unik, Warga Desa Guwo Rutin Gelar Tradisi Barikan Tiap Malam Jum’at Wage

Unik, Warga Desa Guwo Rutin Gelar Tradisi Barikan Tiap Malam Jum’at Wage TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Kamis…

31 Oktober 2020

Membuat Acara Keagamaan Menyenangkan Anak di Tempat Ibadah

Penulis : Imam Muhlis Ali Sudah lazim anak-anak yang ikut perkumpulan semisal acara 'berjanjenan' shalawatan…

31 Oktober 2020

Hikmiatul Aliyah Bagikan Tempat Cuci Tangan di Beberapa Toko di Desa Grogolan

DUKUHSETI, PATINEWS.COM Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah Angkatan 75 (KKN R-DR 75)…

30 Oktober 2020