Dosen TI USM Tingkatkan Kemampuan Siswa SMK Dibidang Virtual Local Area Network

Ilmu mengenai Computer network yang diajarkan di Sekolah Kejuruan khususnya Teknik Komputer dan Jaringan belum tentu mengajarkan semua hal, khususnya mengenai Virtual Local Area Network. Hal-hal yang pernah diajarkan di Sekolah Kejuruan ini masih berupa konfigurasi perangkat Mikrotik, Routing Jaringan, dan lain-lain.

Menanggapi hal tersebut, membuat tiga dosen TI USM yaitu April Firman Daru, Whisnumurti Adiwibowo dan Alaudin Maulana bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Semarang (LPPM USM) mengadakan pelatihan V LAN (Virtual Local Area Network) Menggunakan Simulasi Cisco Paket Tracer pada 30 Siswa-siswi SMK Negeri 1 Tuntang pada hari kamis, 13 November 2019 di Laboratorium Komputer SMK 1 Tuntang. 

Firman Daru mengatakan “Kegiatan ini  bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan siswa, di bidang V LAN, sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di sekolahnya maupun di dunia kerja.”

Baca juga:   Banser Kecamatan Juwana Gelar Diklatsar

Dalam proses pelatihan, para dosen TI ini menggunakan pendekatan praktik sehingga para siswa lebih mudah memahaminya karena melakukan pemasangan jaringan VLAN secara langsung dengan komputer yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah. Dosen memberikan penjelasan mengenai materi yang diberikan, kemudian para siswa mempraktikkan secara bersama dengan bantuan dosen-dosen lainnya. Sehingga tidak ada siswa atau siswi yang tertinggal ataupun tidak memahami apa yang diajarkan.

Saifur Rohman CholilNo

HP : 08122993594


Dosen TI USM Tingkatkan Kemampuan Siswa SMK Dibidang Virtual Local Area Network | patinews.com | 4.5

Leave a Reply