Jumlah Penderita Penyakit Jantung Meningkat, RS Keluarga Sehat Gelar Seminar Keperawatan Tentang Kegawatan Cardiovascular

Patinews.com – Kota, Masih dalam rangkaian HUT RS Keluarga Sehat ke 13, Rumah sakit yang berada di Jalan P. Sudirman No. 9 Margorejo Pati kembali menggelar seminar kesehatan. Kali ini seminar kesehatan yang diselenggarakan adalah seminar profesi keperawatan.

Seminar yang digelar Sabtu tanggal 6 Juli 2019 di Hall RS Keluarga Sehat membahas tentang manajemen keperawatan darurat kardiovaskular. Seminar keperawatan ini dihadiri 200 perawat yang bertugas di daerah Pati dan sekitarnya. Dengan materi dibawakan oleh para narasumber yang kompeten diantaranya adalah dr. Mustikia Mahbubi, Sp.JP, Ns. Sidik Awaludin, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.MB (KKV), dan Ns. Felicia Risca Riyandini, M.Kep., Sp.Kep.MB.

Mengambil tema “CURRENT NURSING MANAGEMENT OF CARDIOVASCULAR EMERGENCIES” seminar keperawatan tersebut berlangsung lancar. Peserta seminar yang dihadiri cukup antusias dalam mengikuti seminar tersebut.

Dalam sambutannya Direktur RS Keluarga Sehat dr. Kelvin Kurniawan, M.Kes mengatakan seminar keperawatan adalah salah satu seminar profesi yang dilakukan RS Keluarga Sehat yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Karena RS Keluarga Sehat sangat berkomitmen dalam hal pengembangan pendidikan berkelanjutan untuk seluruh profesi kesehatan tidak hanya profesi kedokteran saja tapi juga profesi keperawatan, profesi kebidanan dan profesi kesehatan lainnya.

Baca juga:   Sat Polair Polres Pati Hantarkan Jenazah Terakhir ABK Kapal Ke Gunungkidul

Salah satu narasumber Dr. Mustika Mahbubi, Sp.JP mengatakan penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) menjadi salah satu masalah kesehatan utama di negara maju maupun berkembang. Data World Health Organization (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskuler atau 31% dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia. Kejadian kegawatan jantung banyak dijumpai salah satunya adalah henti jantung dan serangan jantung akut.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah. Penyakit ini tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup.

Dalam kegiatan seminar ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan perawat, tidak hanya sebatas mengikuti seminar saja tetapi perawat harus mampu dalam penanganan kegawatan jantung. (pn/ dr).

Jumlah Penderita Penyakit Jantung Meningkat, RS Keluarga Sehat Gelar Seminar Keperawatan Tentang Kegawatan Cardiovascular | patinews.com | 4.5

Leave a Reply