Categories: Berita

Anggota Koramil Jaken, Tumbuhkan Nilai Nasionalisme Pelajar Dengan Cara Ini

PATINEWS.COM – JAKEN, Upacara bendera diharapkan bukan hanya menjadi ritual semata. Namun dengan kegiatan upacara bendera, semoga bisa menumbuhkan sikap Nasionalisme dalam benak para pelajar. Senin ( 04-06-2018 ).

Upacara bendera bersama oleh Koramil Jaken dan SDN Sumberejo Jaken ini dilaksanakan pukul 07.00 wib, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan. Untuk itu, para pelajar diharap bisa mengambil nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan upacara bendera ini.

Nilai lebih jauh sebetulnya adalah upacara membuat kita akan makin mencintai tanah air kita Indonesia. Kita wajib tahu bahwa upacara itu dalam sejarah diciptakan sebagai wujud penghargaan kita pada para pahlawan yang telah merebut Kemerdekaan dengan darah dan perjuangan, yang tak jarang merenggut nyawa.

Dalam amanatnya Serma Budi P. selaku Pembina Upacara mengatakan,” Mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepad Allah SWT agar apa yang kita kerjakan terhindar dari mara bahaya. Patuh kepada orang tua dan guru di sekolahan. Rajin belajar dan hindari Narkoba. Karena narkoba merusak generasi muda harapan bangsa.

“Dalam Upacara bendera ini adalah untuk membangkitkan nilai nasionalisme kita kepada bangsa dan negara. Juga merupakan wujud penghargaan kepada para Pahlawan yang telah berjuang untuk Kemerdekaan Negaranya. Demi Merah Putih, mereka rela mengorbankan harta benda bahkan nyawa untuk satu tujuan yaitu Merdeka. Kita sebagai generasi penerus harus bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan untuk Bangsa dan Negara ini. Yaitu dengan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang bersatu dan maju,” imbuhnya.

“Ada ungkapan, Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawan. Kenyamanan yang kita nikmati sekarang adalah buah perjuangan para pendahulu kita. Untuk itu jangan menganggap remeh upacara bendera,” tegas Serma Budi P.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Sumberejo Jaken Bpk Bambang S S.Pd sangat mengapresiasi kepada bapak-bapak dari Koramil Jeken, yang mana telah memberikan motivasi dan dorongan semangat kepada siswa-siswinya tentang pentingnya rasa Nasionalisme dan arti dari upacara bendera itu sendiri.

“Terima kasih kepada bapak-bapak Koramil Jaken yang mana telah memberikan pengertian apa tujuan dari upacara bendera itu sendiri, sehingga anak didik kami lebih akan menghayati arti dari upacara bendera tersebut. Untuk itu, para pelajar diharap bisa mengambil nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan upacara bendera ini,” ungkap Bambang S. S.Pd

Semoga kegiatan Upacara Bendera ini dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa dan mencetak generasi-generasi yang kuat dan tangguh. Sehingga pada akhirnya tujuan pendidikan karakter yang dicita-citakan dapat terwujud dengan baik. (PN/ HD)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com
Tags: jakenpati

Recent Posts

Wabup Safin Sebut Sektor Pangan Cenderung Tak Terdampak Pandemi

Wabup Safin Sebut Sektor Pangan Cenderung Tak Terdampak Pandemi PATI, PATINEWS.COM Bertempat di Pendopo Kabupaten…

16 September 2020

Bupati Kembali Gencarkan Gerakan Memakai Masker

Bupati Kembali Gencarkan Gerakan Memakai Masker PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto, hari ini (16/9), memberikan…

16 September 2020

Pemdes Mintobasuki Gabus Ajak Warga Kenakan Masker

Pemdes Mintobasuki Gabus Ajak Warga Kenakan Masker GABUS, PATINEWS.COM Pemerintah Desa Mintobasuki Gabus, melaksanakan giat…

16 September 2020

Edukasi Pencegahan Covid Melalui Gerakan Pakai Masker

Edukasi Pencegahan Covid Melalui Gerakan Pakai Masker KAYEN, PATINEWS.COM Mulai hari ini, Rabu, 16/9/2020, Pemerintah…

16 September 2020

Serentak, Forkompincam Tlogowungu Sosialisasikan Pemakaian Masker Selama 14 Hari

Patinews.com, Tlogowungu – Dalam rangka mensosialisasikan Surat Edaran Bupati nomor  440/2135 Tahun 2020 taggal 12…

16 September 2020

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020