fbpx

Langkah Mengolah Minyak Dari Kelapa Sawit

kelapa-sawitt

Langkah Mengolah Minyak Dari Kelapa Sawit

Hasil beli bibit kelapa sawit dari yang jual bibit kelapa sawit sudah tumbuh besar? sudah saatnya untuk panen. Kelapa sawit memiliki buah berkuran kecil yang apabila sudah matang akan berwarna merah kehitaman. Daging buahnya pada dan mengandung minyak. Nah minyak inilah yang kemudian akan diolah untuk dijadikan minyak kelapa sawit. Buah kelapa sawit yang siap panen setidaknya harus berusia empat tahun agar buahnya sudah matang.

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan minyak kelapa sawit:

  • Pengumpulan tandan buah segar

Tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang telah dipetik akan diangkut menggunakan truk dari kebun menuju pabrik. Kemudian TBS ini ditimbang untuk mengetahui kapasitasnya. Kondisi dan mutu dari TBS ini akan mempengaruhi kualitas minyak yang dihasilkan. Tujuan pengolahan ini di pabrik yaitu untuk menekan potensi turunnya kualitas sehingga minyak kelapa yang dihasilkan akan terjaga.

  • Perebusan TBS kelapa sawit

Setelah dilakukan penimbangan, TBS kelapa sawit kemudian dimasukan ke dalam lori rebusan yang terbuat dari pelat baja berlubang. Proses selanjutnya yaitu memindahkan TBS ke sterilizer berupa bejana yang memanfaatkan tekana uap air 2,2-3,0 kg/cm2 untuk merebut TBS selama 90 menit. Tujuan perebusan ini yaitu untuk membunuh enzim yang dapat merusak kualitas minyak, memudahkan perompolan buah dari tandannya, dan mempermudah pelepasan inti dari cangkangnya. Proses ini menghasilkan kondensat dengan kadar 0,5 persen. Kondensat yang dihasilkan kemudian dimasukan ke fat pit sedangkan tandan buah hasil rebusan dipindah ke threser menggunakan hoisting crane.

  • Perontokan buah kelapa sawit dari tandan

Metode yang digunakan untuk melepas buah dari tandannya yaitu menggunakan metode bantingan sehingga buah terlepas dan masuk fruitt conveyor. Selanjutnya buh sawit dibawa ke digester untuk memisahkan brondolan dari tangkai tandan menggunakan thresher. Proses thresher ini dikerjakan dua kali hingga brondolan benar-benar terlepas dari tangkai. Sisa dari proses ini kemudian dialirkan ke ruang pembakaran.

  • Pengolahan minyak goreng dari daging buah
Baca juga:   Anggota TNI Bantu Panen Padi di Desa Tondomulyo Yang Dilanda Banjir

Proses selanjutnya yaitu brondolan buah yang sudah terpisah yang diangkut melalui fruit conveyor selanjutnya  masuk digester untuk melepas daging buah dari bijinya. Tahap ini memanfaatkan uap air bersuhu 80-90 derajat celcius dengan dijaga kestabilannya.

Berkutnya masukan buah ke mesin screw press yang berfungsi untuk menekan buah sawit agar minyaknya keluar. Untuk tahap ini biasanya dibutuhkan tambahan panas sekitar 10-15 persen dari kapasitas pengepresan.

Minyak yangdihasilkan dari proses di atas berupa minyak kasar yang masih tercampur dengan ampas dan biji. Oleh sebab itu, sebelum dimasukan ke crude oil tank, minyak tersebut terlebih dahulu dibersihkan menggunakan sand trap kemudian disaring menggunakan vibrating screen. Setelah tahap ini, ampas dan biji yang dihasilkan masih mengandung minyak, oleh sebab itu perlu diolah lagi menggunakan depericarper, untuk memperlancar proses tersebut tambahkan air panas ke dalamnya.

Minyak kelapa kasar yang terkumpul kemudian dipompa ke decenter untuk memisahkan solid dan liquid.. Pada fase ini, air dan massa jenis ringan ditampung dalam continuous setting tank kemudian dialirkan ke oil tank. Sedangkan pada fase berat hasilnya akan ditampung di sludge tank lalu dialirkan ke sludge separator untuk dipisahkan minyaknya.

  • Proses pemurnian minyak kelapa sawit

Dari oil tank, minyak kemudiandialirkan ke oil purifier untuk memisahkan solid yang mengandung air. Selanjutnya alirkan ke vacuum drier untuk menghilangkan kadar air hingga di ambang standar. Setelah minyak murni dengan kualitas terbaiknya kemudian minyak didistribusikan melalui sarvo balance menuju ol storage tank.

Demikian tadi langkah-langkah dalam proses pembuatan minyak dari kelapa sawit, semoga informasinya bermanfaat. Kalau anda masih belum punya bibit kelapa sawit tetapi tertarik untukbuat minyak kelapa sawit, beli saja di sawitmarihat.com, di sana jual bibit kelapa sawit berkualitas.

Langkah Mengolah Minyak Dari Kelapa Sawit | review | 4.5

Leave a Reply