Kegiatan Program Remaja Sehat Desa Bajomulyo Tim KKN Undip 2019, Stop Dreaming and Start Doing

Kegiatan Program Remaja Sehat Desa Bajomulyo Tim KKN Undip 2019, Stop Dreaming and Start Doing

PatiNews.Com – Juwana, Juwana, Kamis 25 Juli 2019(25/10/2019) KKN Undip Tim II Desa Bajomulyo menyelenggarakan program kerja monodisiplin yang bertemakan Remaja. Remaja Desa Bajomulyo sebagai generasi emas tonggak penerus pembangunan bangsa menjadi sasaran dari program tersebut.

Kaum Remaja saat ini membutuhkan perhatian khusus dikarenakan banyaknya penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat sehingga sangat rentan terjerumus ke arah yan negatif.

Tujuan dari acara ini sendiri yaitu memberikan edukasi mengenai beberapa topik bahasan yang sangat erat kaitannya dengan remaja. Tema dari program tersebut adalah “The Millennials” dengan tag line “Stop Dreaming and Start Doing”.

Topik bahasan yang pertama yaitu Millenial Healthy Diet oleh Novia Dwi Haryani dari Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran UNDIP. Kegiatan ini mengenai pendampingan gizi remaja Bajomulyo mengingat masa remaja merupakan masa yang rentan terjadi masalah gizi karena pada usia remaja banyak mengalami perubahan secara hormonal yang berpengaruh pada perubahan fisiknya.

Pertumbuhan dan perubahan fisik menyebabkan timbulnya persepsi pada perubahan yang terjadi sehingga banyak remaja melakukan diet yang salah yang didapat dari sumber yang tidak valid. Disini diberikan juga booklet sebagai salah satu referensi bacaan pada remaja untuk mempelajari gizi pada daur remaja
Topik bahasan yang kedua Cultural Fun Learning oleh Wahyu Noval Dianitami dari Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu dan Budaya UNDIP.

Cultural Fun Learning yaitu memberikan pendampingan dan simulasi kepada Remaja tentang pentingnya Budaya yang menjadi identitas daerah “Bajomulyo”. Kegiatan ini adalah bentuk apresiasi dari kurangnya kesadaran dan peran pemuda “Remaja” dalam meningkatkan potensi remaja dalam budaya Desa Bajomulyo dan mengajak remaja Bajomulyo nguri-uri budaya .

Cultural Fun Learning bertujuan, melihat antusias remaja dalam memajukan desanya, melalui pengembangan potensi budaya di Desa Bajomulyo.

Topik bahasan ketiga yaitu Leadership Building Anti Kenakalan Remaja oleh Anisa Syifa’a Noor dari Fakultas Hukum UNDIP. Program tersebut diadakan karena latar belakang desa Bajomulyo yang merupakan desa Pelabuhan menjadikan banyak sekali orang dari luar daerah masuk ke desa dan sangat rentan membawa pengaruh buruk terutama untuk remaja, mengingat remaja adalah generasi emas tonggak penerus bangsa maka hal ini menjadi suatu permasalahan yang sangat urgent.

Baca juga:   Jelang Pembukaan TMMD di Pati, Pembangunan Jalan Dikebut

Ditambah lagi rendahnya kualitas Pendidikan akibat tertanamnya mindset bahwa tanpa Pendidikan tinggi mereka masih bisa dapat uang pun jelas mempunyai dampak remaja menjadi berpemikiran pendek dan mudah tersulut emosi dan terbawa pergaulan yang buruk. Hal tersebut yang melatarbelakangi diambilnya topik ini dengan memberikan edukasi apa saja perbuatan yang termasuk kenakalan remaja, cara mencegahnya, dan penangangan kasus kenakalan remaja dari sisi hukum.

Masih dengan latar belakang yang sama, topik keempat yaitu mengenai Narkoba dan Remaja oleh Annisa Rizqiana Maulinda dari Fakultas Hukum UNDIP. Pada pembahasan ini paparkan jenis-jenis narkoba, bahaya narkoba, dan cara penanganan kasus narkoba yang menimpa remaja disertai sanksi pidana berdasarkan UU Narkotika
Topik terakhir yang menjadi penutup acara yaitu mengenai Sekolah Pasar Modal oleh Hasmi Malik Nurdinsyah dari Ilmu Studi Ekonomi dan Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDIP.

Disini diberikan informasi dan wawasan tentang pentingnya pendidikan dan ilmu ekonomi mengenai Pasar Modal yang dapat dijadikan sebagai alternatif sumber pendapatan kepada masyarakat secara umum dan khususnya kepada para remaja Desa Bajomulyo.

Kemudian dilanjut dengan pembimbingan menggunakan aplikasi Chart Nexus sehingga diperoleh data historis pergerakan emiten untuk digunakan dalam bahan materi analisis teknikal.

Setelah penyusunan bahan ajar dan modul Sekolah Pasar Modal, dilanjutkan dengan pemaparan materi kepada para peserta. Kemudian diakhiri dengan pemberian modul yang telah dicetak kepada para peserta.
Dengan diselenggarakannya program bertema Remaja kali ini diharapkan mampu mengedukasi remaja Bajomulyo agar dapat meningkatkan kualitas Remaja Desa Bajomulyo untuk keberlangsungan generasi penerus pembangun desa ke arah yang lebih baik. (*)

Kegiatan Program Remaja Sehat Desa Bajomulyo Tim KKN Undip 2019, Stop Dreaming and Start Doing | patinews.com | 4.5

Leave a Reply