Jelang Musim Penghujan, Embung Desa Mangunlegi Dinormalisasi

Jelang Musim Penghujan, Embung Desa Mangunlegi Dinormalisasi

Jelang Musim Penghujan, Embung Desa Mangunlegi Dinormalisasi

PatiNews.Com – Batangan, Embung merupakan waduk berukuran kecil di lokasi pertanian yang bertujuan untuk menampung kelebihan air hujan dimusim penghujan dan pemanfaatannya pada musim kemarau untuk berbagai keperluan baik di bidang pertanian maupun kepentingan masyarakat banyak Teknik pembuatan embung meliputi penentuan tekstur tanah, kemiringan lahan, bentuk, ukuran penggalian tanah, kelapisan tanah, kelapisan plastik, penembokan dan pelapisan kapur. Pembentukan embung pada dasaranya adalah untuk mengairi lahan pertanian terutama pada musim kemarau, manfaat lain dari embung adalah dibidang perikanan yang bisa dijadikan untuk kolam pemeliharaan ikan dan sebagai persediaan minuman ternak maupun keperluan rumah tangga.

Pertanian di desa mangunlegi ketika tanam hanya saat musim hujan tiba, karna petani didesa mangunlegi menggunakan sistim tadah hujan,untuk itulah saran dari masyarakat & para petani agar embung yang selama ini kecil diperluas agar bisa menampung air lebih banyak sehingga masyarakat & para petani bisa menggunakan air di embung untuk bercocok tanam & keperluan yang lainnya.

Dilain kesempatan di desa Mangunlegi, Kecamatan Batangan, Pati, memang sedang ada pembuatan normalisasi saluran air dengan menggunakan excavator, dimana waktu yang dialokasikan sekitar 1 bulan,akan tetapi dari waktu yang ditargetkan masih ada sisa waktu 1 minggu, sehingga kades mangunlegi Bp sugiyarto meggunakan waktu sisa tersebut untuk mengeruk dan memperluas embung dengan menggunakan excavator, sehingga saran para petani dan masyarakat bisa terlaksana.

Baca juga:   Perluas Publikasi Dengan Sinkronisasi Informasi Lewat Media

“Alhamdulillah pengerukan normalisasi saluran air sudah selesai, dan masih ada waktu sisa 1 minggu pak, mungkin kita bisa gunakan untuk mengeruk embung didesa sesuai saran dari masyarakat & petani “, tutur Kades saat berbincang dengan babinsa desa Mangunlegi, Serka Arifin NT.

Perbaikan embung itu sendiri dipeluas dengan lebar ka/ki seluas 5 meter kemudian panjang lebih kurang 15 meter, Sedangkan tanah pengerukan sebagian digunakan untuk menambal jalan menuju punden & sebagian lagi diberikan kepada warga desa yang membutuhkan, untuk truk pengangkut tanah sendiri menggunakan 10 kendaraan.

”Semoga dengan perbaikan dan perluasan embung dapat dimanfaatkan serta digunakan untuk kebutuhan masyarakat desa sini“, tutur babinsa desa mangunlegi.

”Kita sangat senang pak babinsa, semoga dengan perluasan embung ini , kita bisa bercocok tanam tidak hnya ketika hujan, akan tetapi bisa menggunakan dengan embung ini ” ,ujar salah satu petani yang turut menyaksikan perbaikan embung tersebut. (dm)

Jelang Musim Penghujan, Embung Desa Mangunlegi Dinormalisasi | patinews.com | 4.5

Leave a Reply