Game, Media Efektif Memperkaya Kosa Kata Bahasa Inggris bagi Pembelajaran Anak Sekolah Dasar

Kosa Kata Bahasa Inggris – Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua setelah bahasa ibu (bahasa pertama yang dikenal oleh seseorang). Bahasa Inggris ini biasanya menjadi mata pelajaran ketika seorang anak telah memasuki usia sekolah dasar. Dimana usia 6-12 tahun dapat disebut juga masa emas atau The Golden Age, yang mana hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan seorang manusia sehingga merupakan masa yang tepat untuk membentuk watak dan kepribadian anak.Otak anak pada usia ini masih elastis sehingga bisa menyerap materi pelajaran dengan mudah, apalagi jika materi tersebut berkaitan dengan bahasa yang digunakan sebagai sarana komunikasi. 

Dunia anak merupakan dunia bermain. Oleh karena itu,game (permainan) dapat dijadikan sebagai sarana belajar agar materi pelajaran dapat lebih mudah dipahami oleh anak serta tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.

Kosa kata atau vocabulary merupakan hal awal untuk belajar bahasa Inggris sebelum mempelajari grammar(tata bahasa). Dengan mempunyai banyak kosakata, anak tidak akan merasa kebingungan ketika ingin berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris. Serta dengan belajar kosakata bahasa Inggris, akan menambah kemampuan mengingat anak.

Latar belakang pemilihan judul tersebut karena penulis menyadari banyak anak sering menganggap pelajaran bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan. Selain itu, karena bahasa Inggris merupakan bahasa asing bagi mereka. Untuk menghilangkan asumsi tersebut, kita sebagai pendidik maupun orang tua harus mampu membuat pelajaran bahasa Inggris menjadi pelajaran yang mudah dan menyenangkan. Di samping itu, orang tua juga sudah mulai menyadari betapa pentingnya menguasai bahasa Inggris untuk masa depan anak-anaknya kelak. Sehingga mereka sibuk memasukkan anak-anaknya ke lembaga pendidikan non-formal dengan harapan jam belajar yang bertambah akan menambah pengusaan ilmu pengetahuan, termasuk dalam penguasaan kosa kata Bahasa Inggris.

Langkah awal untuk mempelajari bahasa Inggris yaitu dengan cara memperbanyak kosa kata, agar anak mampu berbicara dan menulis bahasa Inggris. Belajar sambil bermain merupakan langkah yang tepat digunakan pendidik agar anak tidak merasa takut dan jenuh dalam mempelajari bahasa Inggris.

Baca juga:   Tempati Peringkat Pertama se Jateng, Jadikan Pati Terpilih Untuk Event Ini

Salah satu media untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris yang menyenangkan bagi anak sekolah dasardapat dengan melalui permainan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Teka Teki Silang (Crossword Puzzle)

Teka teki silang atau yang biasa disingkat TTS ini menjadi salah satu permainan olah otak yang digemari oleh semua kalangan. Keberhasilan mengisi kotak putih dengan benar akan membawa kesenangan tersendiri terutama bagi anak. Selain untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris, permainan TTS dapat melatih daya ingat.Untuk menjawabnya, anak harus mengingat memori yang sudah tersimpan di otak. Selain itu, pada saat memecahkan pertanyaan pada TTS, anak mungkin akan menemukan berbagai pengetahuan baru, wawasan baru dan tentunya kosa kata baru.

  • Menyusun Kata(Scrabble)

Permainan ini adalah permainan menyusun huruf untuk dijadikan sebuah kosakata bahasa Inggris. Tersusun dari kotak-kotak satu huruf untuk disusun menjadi sebuah kata. Dengan memainkan permainan ini, anak akan diuji menyusun huruf untuk dijadikan sebuah kata dalam bahasa Inggris. Sehingga dapat memungkinkanakan menambah dan meningkatkan penguasaan kosakata anak.

  • Mengubah Kata(Anagram)

Anagram, jenis permainan untuk mengubah sebuah kata menjadi kata lain, misalnya kata heart menjadi earth dan listen menjadi silent. Permainan ini menjadi menarik karena untuk memperoleh sebuah kata baru, anak perlu mengotak-atik huruf. Pengalaman menemukan kosakata baru melalui hasil otak-atik huruf inilah yang dapat membuat memori tentang kosakata itu lebih bisa bertahan lama.

Dampak dari game yang menjadi media untuk memperkaya kosa kata bahasa Inggris ini adalah salah satu cara yang cukup efektif agar anak tidak merasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Sebaliknya, anak akan merasa tertarik dalam mengikuti pembelajaran hingga selesai, memudahkan memahami materi, serta tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.

Kesimpulan dari artikel diatas adalah kita sebagai guru Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah setidaknya harus mencoba mencari atau membuat ide permainan yang kreatif dan menarik yang dikonsep atau didesain sedemikian rupa untuk materi-materi tertentu, agar siswa termotivasi untuk belajar. Media pembelajaran berupa game dapat membantu siswa dalam mempelajari dan memahami materi yang diajarkan oleh guru. Selain itu, melalui game (permainan) dapat membuat kegiatan pembelajaran terasa lebih menyenangkan dan interaktif.

Oleh: Nurul Maslihah dan Sri Muryati, (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IPMAFA Pati)

Game, Media Efektif Memperkaya Kosa Kata Bahasa Inggris bagi Pembelajaran Anak Sekolah Dasar | patinews.com | 4.5

Leave a Reply