Categories: Healthy

Beberapa Masker Ini Dapat Membantu Terhindar Dari Virus Corona

Hingga saat ini penggunaan masker dipercaya dapat membantu mencegah penularan virus. Tetapi supaya bisa terhindar dari virus corona tersebut, kamu harus mengetahui jenis masker dan cara yang benar menggunakannya. Hingga hari Selasa 28 Januari 2020 ada sekitar 4603 kasus yang terinfeksi virus corona dan sebanyak 106 orang meninggal dunia. Jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, maka ini berarti dalam satu hari saja ada penambahan pasien baru sebanyak 2 kali lipat dan penambahan korban meninggal hingga 26 orang.

Meski di Indonesia ini belum ada pasien ataupun yang berkewarganegaraan Indonesia yang telah konfirmasi terjangkit virus corona, tetapi ketakutan akan penularan virus corona ini begitu nyata. Untuk berjaga jaga supaya tidak tertular maka menggunakan masker adalah tindakan yang paling bijak, pasalnya virus corona ini bisa ditularkan melalui air liur dan udara. Dikutip dari The Straits Times jika satu satunya cara tepat menggunakan masker bedah adalah sisi berwarna pada bagian luar dan sisi putih pada bagian dalamnya.

Ada beberapa masker antivirus yang bisa digunakan sebagai antisipasi untuk mencegah virus Corona diantaranya yaitu :

  1. Masker N95

Masker N95 ini dikenal sebagai respirator yang dapat menyaring udara hingga 95 %. Direkomendasikannya masker ini untuk mencegah virus corona karena lebih aman. Selain itu juga masker N95 ini bisa digunakan beberapa kali, dalam arti masker ini bisa dilepas sebentar lalu digunakan kembali, tetapi tidak lebih dari lima kali.

Ketika menggunakan masker N95 ini kamu bisa menyesuaikannya dengan bentuk hidungmu. Ketika menggunakannya cobalah usahakan tidak ada bagian masker yang longgar. Sama seperti penggunaan masker bedah, setelah melepaskan masker ini sebaiknya kamu segera mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Dengan fungsinya yang lebih canggih sehingga tidak heran jika masker N95 ini dibandrol dengan harga yang lebih mahal yaitu sekitar Rp. 6 hingga Rp. 10 ribu perbuahnya. Tetapi adanya peringatan jika menggunakan masker ini bisa membuat orang kesulitan bernapas. Jika kamu memiliki asma, maka sebaiknya jangan terlalu lama untuk menggunakan masker ini.

  1. Masker N99 Dan N100

Masker N99 ini dapat menyaring udara hingga 99 % dan sangat efektif untuk membantu mencegah virus corona. Tetapi banyak orang yang merasa kurang nyaman menggunakan masker N99 ini karena tergolong lebih berat dan membuat susah bernapas. Bagian hidungnya saja tidak bisa disesuaikan karena memang bentuk maskernya itu kaku sehingga menjadi masalah. Kamu bisa membeli masker N99 ini di toko online atau apotek dengan harga Rp. 20 ribu perbuahnya.

Sedangkan untuk masker N100 ini dikabarkan dapat menyaring udara hingga 100 % sehingga sangat direkomendasikan. Pengikat maskernya bisa disesuaikan dengan ukuran kepala sehingga akan terasa nyaman ketika digunakan. Tetapi sayangnya masker N100 ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp. 200 ribu per buahnya.

Dari sekian jenis masker yang direkomendasikan, tetapi untuk menghindari wabah virus corona yang sedang marak seperti saat ini, penggunaan masker N95 dirasa yang paling ideal jika dilihat dari segi harga dan kenyamanan ketika menggunakannya. Selain itu juga kamu harus sering sering membersihkan tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Kamu juga sebaiknya tidak menyentuh hidung dan mulut sebelum membersihkan tangan. Dan kamu juga harus meminimalisir kontak dengan hewan.

review

Share
Published by
review

Recent Posts

Berdinding Banner Bekas, Rumah Mbah Wardi di Cluwak Bakal Direnovasi

Patinews.com - Cluwak, Hidup sebatang kara di dalam gubug berukuran kurang lebih 3 x 4…

58 menit ago

Tempuh Jarak 110 Kilometer, Ini Desa dan Kecamatan yang Dilewati “Le Velo de Pati”

Patinews.com - Event, Le Velo de Pati, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Ulang…

1 jam ago

Hadiri Penyerahan Bantuan CSR Senilai 200 Juta di Talun, Bupati Harap Kualitas Belajar Mengajar Santri Meningkat

Patinews.com - Kayen, Hari ini (Rabu, 19 Februari 2020)┬áBupati Pati Haryanto hari ini menghadiri acara…

2 jam ago

Ratusan Penyuluh Pertanian se Jateng dan Jatim Kumpul di Pati, ini Wejangan Wabup

Ratusan Penyuluh Pertanian se Jateng dan Jatim Kumpul di Pati, ini Wejangan Wabup PatiNews.Com -…

3 jam ago

Tingkatkan Perekonomian, DPMPTSP Pati Bidik PMA

Patinews.com - Kota, Kabupaten Pati menjadi salah satu daerah di Jateng yang selalu dilirik investor…

10 jam ago

Selain Sport Tourism, Le Velo de Pati Juga Turut Promosikan Potensi Wisata

Patinews.com - Sports, Dengan jarak tempuh 110 kilometer, Le Velo De Pati merupakan bagian dari…

23 jam ago