Categories: Healthy

Beberapa Masker Ini Dapat Membantu Terhindar Dari Virus Corona

Hingga saat ini penggunaan masker dipercaya dapat membantu mencegah penularan virus. Tetapi supaya bisa terhindar dari virus corona tersebut, kamu harus mengetahui jenis masker dan cara yang benar menggunakannya. Hingga hari Selasa 28 Januari 2020 ada sekitar 4603 kasus yang terinfeksi virus corona dan sebanyak 106 orang meninggal dunia. Jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, maka ini berarti dalam satu hari saja ada penambahan pasien baru sebanyak 2 kali lipat dan penambahan korban meninggal hingga 26 orang.

Meski di Indonesia ini belum ada pasien ataupun yang berkewarganegaraan Indonesia yang telah konfirmasi terjangkit virus corona, tetapi ketakutan akan penularan virus corona ini begitu nyata. Untuk berjaga jaga supaya tidak tertular maka menggunakan masker adalah tindakan yang paling bijak, pasalnya virus corona ini bisa ditularkan melalui air liur dan udara. Dikutip dari The Straits Times jika satu satunya cara tepat menggunakan masker bedah adalah sisi berwarna pada bagian luar dan sisi putih pada bagian dalamnya.

Ada beberapa masker antivirus yang bisa digunakan sebagai antisipasi untuk mencegah virus Corona diantaranya yaitu :

  1. Masker N95

Masker N95 ini dikenal sebagai respirator yang dapat menyaring udara hingga 95 %. Direkomendasikannya masker ini untuk mencegah virus corona karena lebih aman. Selain itu juga masker N95 ini bisa digunakan beberapa kali, dalam arti masker ini bisa dilepas sebentar lalu digunakan kembali, tetapi tidak lebih dari lima kali.

Ketika menggunakan masker N95 ini kamu bisa menyesuaikannya dengan bentuk hidungmu. Ketika menggunakannya cobalah usahakan tidak ada bagian masker yang longgar. Sama seperti penggunaan masker bedah, setelah melepaskan masker ini sebaiknya kamu segera mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Dengan fungsinya yang lebih canggih sehingga tidak heran jika masker N95 ini dibandrol dengan harga yang lebih mahal yaitu sekitar Rp. 6 hingga Rp. 10 ribu perbuahnya. Tetapi adanya peringatan jika menggunakan masker ini bisa membuat orang kesulitan bernapas. Jika kamu memiliki asma, maka sebaiknya jangan terlalu lama untuk menggunakan masker ini.

  1. Masker N99 Dan N100

Masker N99 ini dapat menyaring udara hingga 99 % dan sangat efektif untuk membantu mencegah virus corona. Tetapi banyak orang yang merasa kurang nyaman menggunakan masker N99 ini karena tergolong lebih berat dan membuat susah bernapas. Bagian hidungnya saja tidak bisa disesuaikan karena memang bentuk maskernya itu kaku sehingga menjadi masalah. Kamu bisa membeli masker N99 ini di toko online atau apotek dengan harga Rp. 20 ribu perbuahnya.

Sedangkan untuk masker N100 ini dikabarkan dapat menyaring udara hingga 100 % sehingga sangat direkomendasikan. Pengikat maskernya bisa disesuaikan dengan ukuran kepala sehingga akan terasa nyaman ketika digunakan. Tetapi sayangnya masker N100 ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp. 200 ribu per buahnya.

Dari sekian jenis masker yang direkomendasikan, tetapi untuk menghindari wabah virus corona yang sedang marak seperti saat ini, penggunaan masker N95 dirasa yang paling ideal jika dilihat dari segi harga dan kenyamanan ketika menggunakannya. Selain itu juga kamu harus sering sering membersihkan tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Kamu juga sebaiknya tidak menyentuh hidung dan mulut sebelum membersihkan tangan. Dan kamu juga harus meminimalisir kontak dengan hewan.

review

Share
Published by
review

Recent Posts

Pemdes Mintobasuki Gabus Ajak Warga Kenakan Masker

Pemdes Mintobasuki Gabus Ajak Warga Kenakan Masker GABUS, PATINEWS.COM Pemerintah Desa Mintobasuki Gabus, melaksanakan giat…

16 September 2020

Edukasi Pencegahan Covid Melalui Gerakan Pakai Masker

Edukasi Pencegahan Covid Melalui Gerakan Pakai Masker KAYEN, PATINEWS.COM Mulai hari ini, Rabu, 16/9/2020, Pemerintah…

16 September 2020

Serentak, Forkompincam Tlogowungu Sosialisasikan Pemakaian Masker Selama 14 Hari

Patinews.com, Tlogowungu – Dalam rangka mensosialisasikan Surat Edaran Bupati nomor  440/2135 Tahun 2020 taggal 12…

16 September 2020

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020