Categories: Beritareligiwisata

Balkis Khan: Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata Religi di Pati

Balkis Khan Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata Religi di Pati

Patinews.com – Kayen, Seminar Rakyat Pati yang berlangsung di kompleks Makam Syekh Jangkung sebagai wisata religi di kec. Kayen Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Hadir dalam acara Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia, Arist Merdeka Sirait, Ketua dan Pengurus Yayasan Syekh Jangkung H. Sudarman, S.Ag, M.M sebagai pemerkasa acara itu.

Saat menyampaikan isi materi pemaparan Dra. Balkis Khan, M.Hum diundang sebagai nara sumber lebih mengedepankan pelestarian tradisi budaya lokal. Balkis menganggap hal yang dianggap sepele justru bisa menjadi nilai tersendiri bagi wisatawan.

“Tolong pertahankan kendi yang dipakai sebagai alat minum bersama. Karena filosofinya kebersamaan yang unik. Camilan khas seperti yang disajikan kacang, singkong, ubi, pisang dan lain-lain dikemas dibungkus cantik. Potong kecil umbi-umbian dengan ukuran dua gigitan sehingga menarik dan tidak mubazir dan kesejahteraan meningkat”, ujar Balkis Khan disambut dengan setuju oleh peserta seminar.

Balkis melanjutkan seragam khas hitam-hitam dan memakai blangkon perlu dilestarikan agar memperkuat budaya setempat. Bila ini adalah seragam di kompleks ini maka wisatawan akan merasa aman dan nyaman. Karena kebutuhannya merasa diperhatikan.

Bagi alumni UI master Arkeologi mamaparkan sangat penting mengenalkan dan melestarikan situs dan artefak makam Syekh Jangkung ini tidak untuk meningkatkan pariwisata yang tidak hanya ziarah, religi tetapi juga kunjungan ilmuwan. Balkis juga teringat provinsi Kalimantan Timur tempat kelahirannya yang terkenal dengan Kerajaan Kutai Islam. Kraton dan kompleks makam Kutai yang sudah menjadi kunjungan wisata di Kabupaten Kutai Kertanegara Kalimantan Timur.

Saat itu Sirait yang hadir memperkuat paparan Balkis. Karena berdampak langsung dengan pertumbuhan anak disekitar untuk memperoleh hak belajar, makanan, kesehatan dan rekreasi setidaknya.

Diakhir penyampaian materinya Balkis Khan berharap agar kelak makam-makam arkeologis dan sejarah mendapat tempat yang diburu bagi wisatawan baik tingkat nasional maupun mancanegara. (Patinews.com)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020