Ini Ancaman Pidana Bagi Pelaku Pencabulan Anak Di Bawah Umur

Ancaman Pidana Bagi Pelaku Pencabulan Anak Di Bawah Umur

Ancaman Pidana Bagi Pelaku Pencabulan Anak Di Bawah Umur (Ilustrasi: liputan6.com)

Patinews.com – Kriminalitas, Banyaknya kasus pencabulan yang terjadi di wiliayah hukum Kabupaten Pati membuat kita miris, terutama bagi orang tua yang mempunyai anak – anak kecil. Terakhir, terjadi pencabulan yang terjadi di Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti (Baca: Kakek – Kakek Cabuli Anak Di Bawah Umur Hingga Hamil). Kakek berinisial K (62 tahun) tersebut tega mencabuli anak yang masih dibawah umur (masih kelas satu MTs). Korban yang tinggal dirumah hanya bersama neneknya tak berdaya melayani nafsu bejat kakek – kakek tersebut. Kini pelaku sudah diamankan oleh pihak kepolisian.

Lalu apa hukuman bagi para pemangsa anak dibawah umur tersebut?. Dalam “Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak” menyebutkan di “Pasal 76D: Setiap Orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan memaksa Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain“.

Dari pasal 76D tersebut dijelaskan bahwa pelaku pencabulan adalah orang yang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan memaksa Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain. Sementara dalam “Pasal 76E: Setiap Orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan, memaksa, melakukan tipu muslihat, melakukan serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul”.

Untuk ancaman pidana terhadap kasus pencabulan termaktub dalam pasal 81 yang berbunyi sebagai berikut:

Pasal 81

(1) Setiap orang yang melangggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp. 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

(2) Ketentuan pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku pula bagi Setiap Orang yang dengan sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.

(3) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Orang Tua, Wali, pengasuh Anak, pendidik, atau tenaga kependidikan, maka pidananya ditambah 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

Nah, bagi para pelaku pencabulan dan kekerasan terhadap anak akan mendapatkan ancaman pidana penjara paling lama lima belas tahun dan denda paling banyak lima miliar rupiah. Sementara jika pelakunya adalah Orang Tua, Wali, pengasuh Anak, pendidik, atau tenaga kependidikan maka ancaman pidananya ditambah sepertiganya. (Patinews.com)

Ini Ancaman Pidana Bagi Pelaku Pencabulan Anak Di Bawah Umur | redaksi@patinews.com | 4.5

Leave a Reply