Categories: Berita

Ampas Ketela Berdampak Buruk Bagi Hewan Ternak, Ini Alasannya

Ampas Ketela Berdampak Buruk Bagi Hewan Ternak, Ini Alasannya (dok. Humas)

PatiNews.Com – Kota, Pemanfaatan ampas ketela (telo .red) sudah lazim digunakan oleh warga Kabupaten Pati dan sekitarnya untuk campuran pakan ternak, baik itu sapi ataupun kambing. Ada anggapan di kalangan peternak, bahwa dengan pemberian konsumsi ampas ketela dapat meningkatkan nafsu makan hewan ternak.

Pemberian ampas ketela untuk campuran pakan ternak tidak berakibat buruk kepada hewan selama jumlah pemberiannya tidak berlebihan. Namun, pendapat bahwa ampas ketela bisa meningkatkan nafsu makan hewan ternak, dapat dikatakan salah, hal tersebut dinyatakan oleh Riyanta, dokter hewan di Puskeswan Kecamatan Jakenan, yang dirilis oleh Humas PatiKab.go.id.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ampas ketela tidak terkandung zat-zat yang bisa mempengaruhi nafsu makan ternak. Jadi salah jika beranggapakan bisa meningkatkan nafsu makan.

Malahan, imbuhnya, ketika pemberian ampas ketela terlalu banyak bisa berakibat pada kebiasaan ternak itu sendiri. Akibatnya, ternak akan mogok makan ketika tidak diberikan campuran ampas ketela.

Karbohidrat yang terkandung dalam ampas ketela adalah selulosa yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan hewan. Sehingga ketika ampas tersebut dimakan oleh hewan, akan terbuang percuma. ”Sebab untuk senyawa gula sebenarnya ada tiga. Yakni, glukosa, fruktosa, selulosa. Dan dari ketiga jenis tersebut yang paling sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan hewan ternak adalah selulosa”, jelasnya.

Campuran ampas ketela yang ideal untuk pakan ternak adalah 1 bagian ampas ketela dicampur dengan 3 bagian bekatul. Pemberian konsentrat dan komboran (campuran bekatul dan ampas ketela) merupakan upaya pemberian gizi tambahan di sela pemberian bahan makanan utama yakni rumput.

“Jika terlalu banyak makanan tambahan, bukannya daging hewan yang bertambah tetapi malah penimbunan lemak pada tubuh hewan,”, lanjutnya. Hewan yang lemaknya tinggi bisa mengurangi harga jual. (hms)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Senangnya Mbah Dadiguno, Rumahnya Selesai Direhab

BATANGAN, PATINEWS.COM Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani,SE, M.I.Pol didampingi Forkopincam Batangan, Kades Bulumulyo…

25 September 2020

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19 MARGOYOSO, PATINEWS.COM Kita masih bersyukur dengan keadaan sekarang. Meski masih dalam…

25 September 2020

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto, kembali mengikuti istighosah rutin…

25 September 2020

Infografis Pelabuhan Bajomulyo 23 September, 17 Kapal Masuk Nilai Produksi 5,9 M

JUWANA, PATINEWS.COM Rabu, 23 September 2020, data infografis yang dirilis Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo,…

24 September 2020

Mushola di Kali Putih Plaosan, Dapat Perhatian Kodim Pati

CLUWAK, PATINEWS.COM Kodim 0718/Pati bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kabupaten Pati menyerahkan bantuan untuk…

24 September 2020

Albert Kiss, Youtuber Asal Pati Rilis Single Ke-3

SHOWBIZ, PATINEWS.COM Berbicara soal musik di Kabupaten Pati tentu banyak pilihan. Kali ini Youtuber asal…

24 September 2020