17 Manfaat Beras Merah Berdasarkan Kandunganya

Beras-Merah

Selama ini manfaat beras merah sering disebut-sebut sebagai faktor yang sangat berpengaruh untuk program diet dan untuk para penderita penyakit diabetes. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab didalamnya mengandung kandungan zat gizi yang tidak dimiliki oleh beras putih. Sehingga beras merah sangat bermanfaat untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam kondisi tertentu.

Lalu apa saja manfaat beras merah?

Beras merah tropicana slim adalah jenis beras yang hanya melewati setengah proses penggilingan, sehingga bentuknya masih berupa butiran-butiran yang masih utuh dan berwarna merah kecoklatan. Beras merah juga memiliki rasa dan tekstur yang khas jika dibandingkan dengan beras putih biasa. Perbedaan di antara keduanya yang paling mendasar adalah soal kandungan nutrisinya, sehingga manfaatnya lebih bisa dirasakan dibanding nasi putih. Meskipun begitu, beras merah juga memiliki kelemahan, yaitu lebih cepat basi.

Setiap 1,5 cangkir beras merah yang dimasak memiliki kurang lebih 110 kalori, dengan beberapa kandungan sebagai berikut:

  1. 85% Karbohidrat dengan perincian: 8% berasal dari protein dan 7% lemak. Ini akan menjadi sumber energi yang sempurna bagi anda yang mengkonsumsinya. Anda juga dapat memanfaatkan Tropicana untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat anda, di dalamnya mengandung karbohidrat sebesar 27 gram.
  2. 7 % Serat , dihitung dari serat dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori. Dengan serat yang kaya semacam ini, maka beras merah baik untuk kesehatan pencernaan anda
  3. Vitamin B dengan perincian: Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin. Banyaknya jenis vitamin B yang terkandung dalam beras merah dapat menjadi antioksidan bagi tubuh anda. Sebagai antioksidan, Vitamin C lah sebenarnya yang paling baik. Nah, anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C anda dengan mengkonsumsi Tropicana slim, sebab di dalamnya mengandung Vitamin C sebesar 120 persen dari kebutuhan harian anda. Dengan cukup konsumsi vitamin C, kondisi tubuh akan terjaga.
  4. Magnesium dan fosfor. Beras merah juga mengandung Magnesium dan fosfor, dua nutrisi yang akan menjamin kesehatan sistem imunitas anda dan otak anda
  5. Sejumlah kalsium juga ditemukan dalam beras merah, ini akan menjamin kesehatan tulang anda.
Baca juga:   Tatacara Berobat Dengan BPJS di Rumah sakit Jakarta

Selain memiliki manfaat berdasarkan apa yang di kandung, beras merah juga telah terbukti baik untuk program diet, kesehatan, dan kecantikan. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menimbulkan kenyang yang lebih lama sehingga baik untuk diet dan menurunkan resiko obesitas
  2. Mengandung serat yang baik untuk pencernaan
  3. Mengandung mineral yang berperan aktif untuk menangkal radikal bebas
  4. Mengandung vitamin B sehingga berdampak pada kemajuan fungsi organ
  5. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh
  6. Mencegah penyakit jantung
  7. Menurunkan kadar gula dalam darah
  8. Mengandung magnesium yang dapat membantu penderita Asma dan menjaga kesehatan tulang
  9. Membuat kulit lebih awet muda
  10. Mencegah terbentuknya batu empedu
  11. Sumber anti oksidan, dan
  12. Kemungkinan mencegah kanker

Kapan Harus Mengkonsumsi Beras Merah?

Manfaat beras merah akan lebih terasa jika dikonsumsi pada kondisi-kondisi yang memungkinkan untuk kita memaksimalkan nutrisi-nutrisi yang dikandung oleh beras merah yang telah dijelaskan sebelumnya. Lalu, kapankah itu? Nah, Sebaiknya, anda harus mulai mengkonsumsi beras merah ketika sedang diet, sedang menghindari dan telah terkena diabetes, mencegah dan telah mengalami penyakit jantung, serta sedang dalam program menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan HDL/kolesterol baik.

17 Manfaat Beras Merah Berdasarkan Kandunganya | review | 4.5

Leave a Reply