Tahan Imbang Vietnam 2-2, Indonesia Melaju ke Final Piala AFF

Tahan Imbang Vietnam 2-2, Indonesia Melaju ke Final Piala AFF

Tahan Imbang Vietnam 2-2, Indonesia Melaju ke Final Piala AFF (foto dok: Associated Press/AP, Selebrasi Timnas Indonesia setelah tahan Vietnam 2-2)

Patinews.com – Sports, Timnas Indonesia memastikan diri melaju ke babak final Piala AFF 2016, setelah menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2 (Agregat 4-3), di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam (Rabu 7 Desember 2016).

Pertandingan berjalan sangat dramatis, tim Vietnam bermain dengan menyerang dalam laga 120 menit tersebut. Butuh perpanjangan waktu 2×15 menit, setelah vietnam unggul 2-1 dalam laga leg kedua semifinal itu.

Sebelumnya dalam leg pertama, Timnas Indonesia unggul 2-1 atas Vietnam yang di gelar di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor Jawa Barat, (Sabtu, 3 Desember 2016).

Timnas Indonesia berhasil meraih keunggulan dengan agregat 3-2 di paruh pertama babak tambahan setelah Manahati Lestusen mencetak gol melalui titik putih pinalti setelah Ferdinand Sinaga dilanggar di kotak terlarang.

Kepemimpinan wasit Fu Ming asal China sangat disayangkan para fans Timnas Indonesia yang tidak memberi hukuman penalti, saat ia sudah menunjuk titik putih, setelah Que Ngoc Hai lagi – lagi menjatuhkan pemain Indonesia. Kali ini, Rizki Pora yang jadi korban. Hanya, setelah berkoordinasi dengan asisten wasit, Fu Ming mengubah keputusannya dan membatalkan penalti untuk Indonesia.

Baca juga:   Kodim 0718 Pati Mantabkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Namun, Fu Ming juga mengeluarkan kartu merah untuk kiper Vietnam Tran Nguyen Manh, setelah insiden beradu di gawang dengan Bayu Pradana.

Dari menit pertama hingga babak pertama usai, tak satupun gol digawangkan oleh kedua tim. Skor kacamata tersebut bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, timnas Indonesia juga harus bertahan mat – matian dari gempuran serangan Vietnam.

Di menit ke 54 babak kedua, Stephano Lilipaly manyambar bola yang gagal diantisipasi oleh bek Vietnam dari tendangan Boaz Solossa. Hal ini tak disia – siakan oleh  Lilipaly yang langsung membuat Indonesia unggul 1-0.

Menit ke 83 giliran gawang Kurnia Meiga yang dibobol oleh Vi Van Thanh yang memanfaatkan umpan tarik tendangan bebas.

Meskipun bermain dengan sepuluh pemain, tak menyurutkan pemain Vietnam untuk menyerang gawang Kurnia Meiga, terbukti dengan bobolnya gawang kiper Timnas Indonesia itu di menit ke 96.

Dalam babak perpanjangan waktu, tendangan pinalti yang di eksekusi oleh Manahati Lestusen, memastikan Indonesia lolos ke Final AFF Suzuki Cup 2016. (Patinews.com/ tim)

Tahan Imbang Vietnam 2-2, Indonesia Melaju ke Final Piala AFF | patinews.com | 4.5

Leave a Reply