Sterilkan Trotoar, Pedagang Sisi Timur Pasar Juwana Diminta Mundur

Sterilkan Trotoar, Pedagang Sisi Timur Pasar Juwana Diminta Mundur

Sterilkan Trotoar, Pedagang Sisi Timur Pasar Juwana Diminta Mundur (dok Satpol PP Pati)

PatiNews.Com – Juwana, Setelah Satpol PP dan Disperindag Pati lebih dulu melakukan sosialisasi guna merapikan trotoar, pedagang di sisi timur Pasar Juwana Baru kini ikut ditertibkan.

“Para pedagang tidak pindah lokasi, hanya mundur saja dari trotoar jalan karena selama ini mereka berjualannya di atas trotoar”, ujar Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Pati, Riyoso, usai memimpin penertiban pada Selasa (5/12).

Sebelum ditertibkan, lanjut Riyoso, keberadaan pedagang yang meluber hingga ke badan jalan seringkali mengganggu arus lalu lintas angkutan dalam kota. “Meski kemacetannya tak separah sisi sebelah utara, namun ketika angkutan kota menumpuk di area itu, kemacetan kerapkali tak terhindarkan”, imbuh Kepala Satpol PP Kabupaten Pati.

Seperti halnya penertiban-penertiban yang telah dilakukan sebelumnya, para pedagang di sisi timur pasar Juwana juga diakui Riyoso amat kooperatif. “Itu karena jauh hari sebelumnya kami sudah melakukan edukasi kepada mereka”, terangnya.

Baca juga:   Kelip Biru Patroli Polsek Margoyoso, Wujudkan Program Promoter

Pemkab melalui Satpol PP tak hanya sekedar melihat dari sisi pengguna jalan raya namun pihaknya juga telah memikirkan kemanfaatan jangka panjang bagi para pedagang. “Jangan sampai lantaran hal ini mereka tak bisa berjualan”, ujar Riyoso.

Karena itu, lanjut Ka Satpol PP, pihaknya hanya minta mereka mundur dari trotoar dan tak harus pindah tempat. “Kalau toh terpaksa pindah tempat itu karena mereka kembali ke kios milik mereka atas kesadaran sendiri”, terangnya.

Terkait adanya keluhan tentang banyaknya pengunjung yang lebih senang belanja di pinggir jalan, Riyoso berjanji tahun depan akan merevitalisasi pasar dengan tujuan utama mendekatkan akses pengunjung ke penjual tanpa harus mengganggu lalu lintas jalan. “Kami sedang mempertimbangkan pembangunan area parkir yang disukai penjual maupun pembeli”, pungkasnya. (dok Humas)

Sterilkan Trotoar, Pedagang Sisi Timur Pasar Juwana Diminta Mundur | patinews.com | 4.5

Leave a Reply