Sosialisasi Imunisasi Difteri Bersama Dinas Kesehatan

PatiNews.Com – Kediri, Kodim 0809/kediri bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, menggelar sosialisasi imunisasi difteri yang diikuti seluruh prajurit Kodim Kediri dan acara ini berlangsung di aula Makodim Kediri. Disamping itu, sosialisasi ini juga diikuti Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri serta Danramil jajaran Kodim Kediri, senin (19/02/2018)

“Difteri ini disebabkan oleh bakteri bukan virus, kalau virus itu contohnya seperti virus HIV, sampai sekarang belum ada obatnya, tapi kalau ini adalah bakteri, ada obatnya dan dapat dicegah sejak dini. Alhamdulilah, Bapak Dandim sudah mengimunisasikan anak-anaknya sewaktu masih di Jakarta, jadi ini ada contohnya ,ada realisasinya. Syukur kalau ini bisa semua dilakukan bapak-bapak yang ada disini, khususnya kepada anak-anak,” kata dr.Ari Purnomo Adi.

Lanjutnya ,”Tanda yang bisa dilihat kalau orang terkena difteri ialah melihat rahang mulut dan kalau ada kendala dalam pencernaan dari keterangan si pasien. Ada kasusnya di Indonesia, ada korban jiwanya, tapi tidak di Kediri. Hal ini dikarenakan terlambatnya penanganan kasus ini, mungkin karena ketidaktahuan dari si pasien atau keluarga, sehingga penyakit ini menyebabkan sesak nafas, jadi meninggalnya karena sesak nafas.”

“Sebenarnya memang ada kasus di Kediri, tetapi dengan cepat kita atasi dengan membawa pasien untuk mendapat perawatan ekstra di rumah sakit, dan alhamdulilah pasiennya hingga saat ini sehat walafiat. Saya harap bapak-bapak juga sama memperlakukan anak-anaknya, sebagaimana anak-anak bapak Dandim yang sudah di imunisasi difteri. Ini semua untuk kepentingan kesehatan,” pungkasnya.

Sementara itu diawal sosialisasi, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno berharap seluruh anggotanya mengetahui secara jelas dan detail apa imunisasi difteri itu ,sekaligus menambah wawasan atau pengetahuan seputar penyakit yang harus diwaspadai ini. Selain itu, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno sangat berterima kasih kepada seluruh babinsa yang telah membantu program dari Pemerintah dalam pelaksanaan imunisasi difteri secara serentak di Kediri.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com
Tags: jatimkediri

Recent Posts

Tekan Sebaran Korona, Bupati Canangkan Gerakan Pakai Masker 14 Hari

Tekan Sebaran Korona, Bupati Canangkan Gerakan Pakai Masker 14 Hari PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati melakukan…

16 September 2020

Wabup Safin Sebut Sektor Pangan Cenderung Tak Terdampak Pandemi

Wabup Safin Sebut Sektor Pangan Cenderung Tak Terdampak Pandemi PATI, PATINEWS.COM Bertempat di Pendopo Kabupaten…

16 September 2020

Bupati Kembali Gencarkan Gerakan Memakai Masker

Bupati Kembali Gencarkan Gerakan Memakai Masker PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto, hari ini (16/9), memberikan…

16 September 2020

Pemdes Mintobasuki Gabus Ajak Warga Kenakan Masker

Pemdes Mintobasuki Gabus Ajak Warga Kenakan Masker GABUS, PATINEWS.COM Pemerintah Desa Mintobasuki Gabus, melaksanakan giat…

16 September 2020

Edukasi Pencegahan Covid Melalui Gerakan Pakai Masker

Edukasi Pencegahan Covid Melalui Gerakan Pakai Masker KAYEN, PATINEWS.COM Mulai hari ini, Rabu, 16/9/2020, Pemerintah…

16 September 2020

Serentak, Forkompincam Tlogowungu Sosialisasikan Pemakaian Masker Selama 14 Hari

Patinews.com, Tlogowungu – Dalam rangka mensosialisasikan Surat Edaran Bupati nomor  440/2135 Tahun 2020 taggal 12…

16 September 2020