Remaja Masjid Riyadlus Sholihin Tayu, Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

Remaja Masjid Riyadlus Sholihin Tayu, Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an
Remaja Masjid Riyadlus Sholihin Tayu, Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

Patinews.com – Tayu, Tema Peringatan Nuzulul Qur’an tersebut adalah “Mari kita tingkatkan iman dan taqwa dan senantiasa menjadikan Alqur’an sebagai pedoman dan dasar hukum islam yang sama”. Dilaksanakan oleh panitia yang tergabung dalam remaja masjid setempat pada (25/5) Sabtu di lingkungan masjid.

Ketua Panitia Bapak Sholikul Hadi SH I mengatakan bahwa memperingati Nuzulul Qur’an ini adalah merupakan Program kerja PHBI dan seksi remaja masjid untuk melatih mereka bertanggung jawab atas amanah organisasi.

“Remaja masjid sebagai roda penggerak kemasyhuran tempat ibadah di masa mendatang, sudah sepatutnya harus belajar mengorganisasikan acara seperti ini”, ungkapnya.

Ia juga berharap agar pelaksanaan kegiatan baik seperti ini mudah-mudahan dapat menjadi kegiatan rutin tiap tahun untuk menjaga tali silatur rohim antara masyarakat setempat dan umum.

Dalam mauidlohnya K.H.Umar Faruq mengatakan Nuzulul Quran menjadi salah satu malam yang sangat diistimewakan oleh Allah SWT. Bagaimana tidak, pada malam ini, surat pertama Al Quran diwahyukan pada Rasulullah SAW, yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5. Peristiwa turunnya Al-Quran atau diturunkan utuh dari Lauhul Mahfuzh di langit ketujuh menuju Baitul Izzah, lalu diturukan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad secara beransur-angsur selama 23 tahun.

Baca juga:   Dari Hal Sepele, Emosi Pada Orang Terdekat  Justru Bisa Berakhir di Bui

Nuzulul Quran menjadi sangat istimewa karena Al Quran menjadi pedoman hidup yang sangat penting dan harus dipegang oleh umat Islam. Nuzulul Quran pertama kali diturunkan di Bulan Ramadhan dan diturunkan di Malam Kemuliaan atau Malam Lailatul Qadar yang merupakan malam lebih baik dari Seribu Bulan.

“Oleh karena itu, untuk memanfaatkan kesempatan istimewa yang hanya datang sekali dalam setahun ini, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan,” Bebernya kepada jamaah.

Bahkan Alquran sangat unik dan juga teruji kebenararannya, seperti yang telah di tunjukkan Rasulullah bersama para sahabatnya. Ia mencontohkan Surah al-Baqarah ayat ke-23: “Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Alquran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Alquran itu dan ajaklah penolong- penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar”.

“Ini menunjukkan Allah mempersilahkan semua mahluk yang meragukan kebenaran Al-Quran untuk membuat satu surat saja, yang bisa menyelamatkan umat dari keburukan seperti halnya Alquran,” pungkasnya. (pn/ dr).

Remaja Masjid Riyadlus Sholihin Tayu, Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an | patinews.com | 4.5

Leave a Reply