Categories: Berita

Rehabilitasi Jembatan Hindari Terputusnya Transportasi Darat

Rehabilitasi Jembatan Hindari Terputusnya Transportasi Darat

Patinews.com – Kediri, Jembatan yang terletak di Desa Bringin, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, mulai dilakukan pengurukan dari anggota Koramil 11/Pare bersama warga sekitar. Jembatan ini sendiri cukup vital, terutama menghubungkan antara Desa Bringin menuju Desa Badas atau penghubung lintas desa, sekaligus penghubung ke arah pusat administratif Kecamatan Badas, sabtu (08/04/2017).

Sebagaimana diungkapkan Danramil Pare, Kapten Arh Ajir, jembatan ini memang masih layak dilalui para pengguna jalan, tetapi bila dilihat secara jeli, kondisi disamping jembatan atau bibir jembatan, pondasi dasar jembatan sudah mengalami kerusakan akibat tergerus terjangan aliran sungai yang ada dibawahnya. Tanah yang menjadi permukaan pondasi jembatan kondisinya cukup memprihatinkan, dan bisa berlanjut pada robohnya pondasi jembatan.

Jembatan dengan panjang 32 meter dan lebar 4,2 meter ini, relatif sangat berarti bagi warga Desa Bringin, khususnya mereka yang berprofesi sebagai pedagang di pasar tradisional Badas, yang berjarak sekitar 4 km arah selatan. Bagi mereka yang sehari-hari beraktifitas sebagai pelajar, tentunya terarah pada MAN Badas, Mts Badas, SMPN badas, sedangkan bagi warga yang tinggal di sisi barat, akan mengalami kesulitan bila jembatan itu putus, karena lokasi Puskesmas Badas berada di sisi timur jembatan.

Pengurukan jembatan masih dengan cara tradisional, yaitu penumpukan tanah bercampur bebatuan kerikil dan karung yang sudah terisi pasir. Untuk penahan hasil pengurukan, digunakan bambu dan batu-batu besar, sedangkan penutup permukaan dasar, ditancapkan pembatas dari bambu. (pd)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020