Pesona Wisata Alam Goa Pancur di Kayen Pati, Jaga Kendeng Lestari

Pesona Wisata Alam Goa Pancur di Kayen Pati, Jaga Kendeng Lestari

PatiNews.Com – Kayen, Pemerintah Kabupaten Pati kini terus membenahi daya tarik wisata atau destinasinya. Dari destinasi-destinasi yang sekarang mendapat kucuran dana untuk pembenahan, terutama daya tarik Gua Pancur di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen.

Belum banyak daya tarik wisata atau destinasi di Kabupaten Pati yang mendapat sokongan dari Kementerian Pariwisata. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata, hanya menyokong bantuan untuk satu dari tiga destinasi yang diusulkan. Yakni, daya tarik wisata Gua Pancur, di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen.

Unggulan daya tarik wisata di wilayah Pati selatan ada di Gua Pancur. Dan perkembangannya sangat signifikan sekali. Karena daya tariknya yang semakin meningkat, serta telah memiliki perencanaan detail bangunan sipil atau detail engineering design (DED), sehingga Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata, telah menyetujui pengembangan destinasi.

Masuk ke dalam mulut Goa, kita akan disuguhkan pemandangan menakjubkan, juntaian stalagtit dan stalagmit yang balut tetesan air berkesan sangat alami, didalamnya terdapat mata air yang mengalir sepanjang musim dan tak pernah kering.

Batuan kapur yang membentuk stalagtit dan stalagmit ini memiliki keindahan tersendiri, di dalam goa ada stalagmit yang berbentuk Petak Sawah, bentuk ini adalah favorit para pecinta alam. Ada juga stalagtit yang dinamai Batu Tirai atau Batu Sayap. Masuk 127 meter dari mulut Goa ada grojogan pertama yang dapat dinikmati.

Objek Wisata Goa Pancur terletak di sebelah selatan Kota Pati, tepatnya di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen. Rute yang anda lewati adalah dari Pati ke selatan arah Kayen/ Purwodadi, dari Pati ke Kayen ditempuh dengan jarak sekitar 19 kilometer. Sampai di depan SMA N 1 Kayen belok ke kiri, dari sini masih masuk ke lokasi sekitar 3,3 kilometer. Jalan masuk lokasi sudah di aspal hotmix semua. Jadi dari Pati ke lokasi objek wisata Goa Pancur anda menempuh jarak 23,2 kilometer.

Tiket masuk untuk sepeda motor Rp. 3.000, sementara untuk mobil Rp. 6.000. (*).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020