Pati Miliki Indeks Resiko Bencana Alam Cukup Tinggi, Bupati: Penanggulangan Bencana Tanggungjawab Bersama

Patinews.com – Kota, Kabupaten Pati memiliki indeks risiko bencana alam yang cukup tinggi terutama banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan, kebakaran dan abrasi pantai.

Hal ini diungkapkan Bupati Pati Haryanto ketika memimpin Apel Siaga Bencana tahun 2019 di Alun-alun Juwana, Pati, Jateng. Rabu, 27 November 2019.

Melalui kegiatan ini, Bupati menjadikannya sebagai sarana untuk mengkoordinasikan dan meningkatkan kapasitas daerah sarana prasarana dan logistik termasuk sumber dana dari berbagai unsur agar mampu bersinergi dalam penanggulangan bencana.

Diharapkan apel siaga bencana ini dapat menjadi manifestasi kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri maupun berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana,” sambung Bupati.

Bupati meminta seluruh elemen masyarakat menyadari bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak tetapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya bersama untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan deretan pihak-pihak terkait dapat memberikan berbagai informasi kepada warga khususnya masyarakat yang berada di daerah rawan bencana sehingga masyarakat akan memahami apa apa yang harus dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Untuk itu perlu kita tegaskan bahwa penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas Pemerintah daerah, TNI, Polri, maupun instansi terkait semata namun kita semua harus menyadari bahwa penanggulangan bencana merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama selaku masyarakat Kabupaten Pati,” tandas Bupati.

Apel siaga bencana tahun 2019 ini merupakan suatu forum kegiatan antar lembaga pemerintah non pemerintah dan masyarakat untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. (pn/ hms)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Percepat Layanan, Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bakal Terima DAK

Patinews.com - Ekonomi, Bersama Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan Sekda Suharyono, Kepala Dinas Penanaman…

2 jam ago

Gubernur Jateng Dukung Penuh Event “Le Velo de Pati”

Patinews.com - Jateng, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut panitia Le Velo de Pati (LVdP)di…

2 jam ago

Tebing di Gunungsari Tlogowungu, Longsor Sepanjang 10 Meter

Dokumentasi: Polsek Tlogowungu Patinews.com - Tlogowungu, Tebing jalan cor yang terletak di Desa Gunungsari Kecamatan…

3 jam ago

Resmi, Pasar Tayu Kini Bersertifikat SNI

Patinews.com - Jateng, Pasar Tayu kini telah resmi bersertifikat SNI (Standart Nasional Indonesia). Sertifikat tersebut…

3 jam ago

Atasi Luapan Air di Jalur Pati – Juwana, Kali Simo Segera Dinormalisasi

Patinews.com - Kota, Luapan ari dari aliran kali Simo yang melanda Jalan Pati- Jwuana terjadi…

5 jam ago

Marak Produk Kecantikan Berbahaya, Bupati Minta Masyarakat Selektif Pilih Perawatan

Marak Produk Kecantikan Berbahaya, Bupati Minta Masyarakat Selektif Pilih Perawatan PatiNews.Com - Kota, Bupati Pati…

8 jam ago