Pantau Kesehatan Sapi, Dispertan Pati Buat Aplikasi Android

Pantau Kesehatan Sapi, Dispertan Pati Buat Aplikasi Android

Pantau Kesehatan Sapi, Dispertan Pati Buat Aplikasi Android

PatiNews.Com – Kota, Untuk membantu peternak sapi di Kabupaten Pati dalam memantau kesehatan hewan ternaknya, Dinas Pertanian Kabupaten (Dispertan) Pati merilis aplikasi android yang dinamakan E- Mansisapi.

Dalam rilis resminya, pihak Dispertan Pati menjelaskan e-mansisapi adalah program yang dikembangkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pati yang berisi tentang panduan penanganan penyakit dan gangguan kesehatan pada hewan sapi secara dini dan mandiri.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, unduh aplikasi di Play Store, kemudian daftarkan nama dan alamat anda, tinggal pilih jenis penyakit yang diderita sapi dan masukkan juga kecamatan tinggal anda.

Ini contohnya:

Diagnosa Penyakit Sementara :Hipocalcemia (Sindrom Sapi Ambruk)

Tanda Gejala yang muncul :

Sapi terlihat gelisah, nafsu makan masih bagus, otot kepala dan kaki tampak gemetar, bila sapi bergerak terlihat inkoordinasi alat-alat gerak.

Baca juga:   Bareng Sejumlah Relawan, Kodim Pati Terjunkan Prajurit di Lokasi Terdampak Puting Beliung

Sapi tidak mampu berdiri, berbaring dengan kepala mengarah ke belakang hingga dari belakang seperti huruf S, kulit kering karena dehidrasi, respon terhadap rasa sakit & cahaya juga berkurang.

Sapi mendadak ambruk/ doprok.

Langkah Penanganan Dini :

Berikan Gula Merah 5 biji, air 5 ltr, garam dapur secukupnya, campur sampai menyatu. Campuran yang sudah siap dituang pada botol aqua dan di berikan sedikit demi sedikit keternak yang sakit.

Berikan Jahe dengan minyak tanah di campur. Kemudian lumurkan pada bagian tubuh sapi yang lumpuh, Biasanya pada persendian kaki. Pengunaan lulur tradisional dilakukan pagi dan sore hari.

Pemberian mineral sapi (Garam dapur).

Jika Sakit berlanjut, segera hubungi Dokter Hewan dan Mantri Hewan setempat.

Dokter Terdekat Di Daerah Anda

1. Daerah : Pati

Nama : drh. Any Setiyowati

Telp.085215186539

Mantri Terdekat Di Daerah Anda

1. Daerah : Pati

Nama : Wahyudi

Telp.081390832873

Pantau Kesehatan Sapi, Dispertan Pati Buat Aplikasi Android | patinews.com | 4.5

Leave a Reply