Categories: AlamBeritawisata

Pantai Kertomulyo, Dari Mangrove Hingga Jadi Tempat Wisata Hits di Pati

Pantai Kertomulyo, Dari Mangrove Hingga Jadi Tempat Wisata Hits di Pati (dok @pantaikertomulyo instagram)

Patinews – Ngetrip, Pantai Kertomulyo yang terletak di Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil kini menjadi salah satu objek wisata yang lagi ngehits di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tempat wisata ini dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Desa Sadar Wisata) “Tresno Segoro” Desa Kertomulyo.

Ketua Pokdarwis Tresno Segoro, Adi Sucipto, kepada PatiNews mengungkapkan (29/6), tempat wisata ini awal mulanya sekelompok pemuda yang ingin merawat mangrove, “Kalau untuk pesan dan kesan, kalau boleh sedikit bercerita, sebetulnya para warga serta pemuda desa Kertomulyo awalnya berniat merawat mangrove, karna sekitar 3 tahun lalu Pantai Kertomulyo mempunyai mangrove yang tergolong masih kecil jika dibandingkan desa lain,“.

Pantai Kertomulyo, Dari Mangrove Hingga Jadi Tempat Wisata Hits di Pati

“Akhirnya para pemuda beserta warga (mempunyai komunitas yang bergerak untuk merawat mangrove yang bernama PPUP (PEDULI PANTAI UTARA PATI) singkat cerita, disela merawat mangrove, untuk mengisi kejenuhan, akhirnya kita membuat tempat memancing (anjungan) dan jembatan segitiga untuk penyebrangan, namun banyak orang dari luar daerah yang datang dan foto serta mempublikasikan tempat kami, dan akhirnya banyak yang datang dengan tujuan wisata, akhirnya kami berinisiatif untuk membuat obyek wisata lokal yang semula dibangun dari uang pribadi yang dikumpulkan oleh kita sendiri secara pribadi,” ujarnya lagi.

Berkat unggahan di media sosial inilah, yang menjadi Pantai Kertomulyo makin dikenal,  “lama kelamaan pantai kami semakin ramai dan kami semakin semangat mengelola pantai kami, dan mulai bulan januari 2018 kami melakukan penarikan dana dari pengunjung secara langsung perkendaraan untuk pembangunan pantai kami sampai sekarang serta dana yang didapat juga digunakan untuk tujuan awal kami, yang tidak lain adalah untuk merawat mangrove agar bisa menjadi penahan pantai dari abrasi, serta untuk pembangunan wisata tempat ini,” imbuh Adi.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Tekan Penularan, Ganjar Larang Perantau Mudik ke Kampung Halaman

Tekan Penularan, Ganjar Larang Perantau Mudik ke Kampung Halaman PatiNews.Com - Jateng, Kepada seluruh perantau…

1 jam ago

Kegiatan Belajar Mengajar Daring Diperpanjang

Kegiatan Belajar Mengajar Daring Diperpanjang PatiNews.Com - Kota, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati mengeluarkan…

4 jam ago

Gubernur Ganjar : Tunda Mudik, Sayangi Keluargamu

Gubernur Ganjar : Tunda Mudik, Sayangi Keluargamu PatiNews.Com - Jateng, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo…

10 jam ago

Selamat Jalan Mbah Roso

Selamat Jalan Mbah Roso PatiNews.Com - Jateng, H. Imam Suroso, Anggota DPR RI fraksi PDI…

10 jam ago

Masuk Mako Satlantas Polres Pati, Wajib Ikuti Prosedur Ini

Masuk Mako Satlantas Polres Pati, Wajib Ikuti Prosedur Ini Patinews.com – Kota, Sebagai upaya antisipasi…

12 jam ago

Antisipasi Corona, Warga Desa Jimbaran Kayen, Tunda Pesta Hajatan

Antisipasi Corona, Warga Desa Jimbaran Kayen, Tunda Pesta Hajatan Patinews.com – Kayen, Demi keselamatandari wabah…

13 jam ago