Objek Wisata Goa Pancur di Desa Jimbaran Kayen Kian Berbenah

Patinews.com – KayenObjek Wisata Goa Pancur yang terletak di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati kini kian berbenah. Objek Wisata andalan Kabupaten Pati ini kian tertata rapi, nampak beda dari satu atau dua tahun sebelumnya yang terkesan di terlantarkan. Dari pantauan tim patinews.com saat mengunjungi tempat wisata ini (Minggu, 31 Januari 2016) nampak ada dua buah gazebo atau aula panggung berukuran sedang untuk berlindung dari teriknya sinar matahari, berbeda tampilannya jika dibandingkan dengan beberapa tahun silam dimana dulu ada satu buah rumah panggung yang menjorok ke danau yang ada di sebelah utara Goa.

Objek Wisata Goa Pancur di Desa Jimbaran Kayen

Objek Wisata Goa Pancur di Desa Jimbaran Kayen (Dokumentasi: patinews.com / Yusuf Sukandar)

Kini Objek Wisata Goa Pancur juga dilengkapi dengan taman dimana ditengahnya terdapat kolam dan air mancur serta beberapa jenis ikan yang dipelihara disana. Sementara di sebelah utara Goa terdapat sebuah danau kecil yang cukup bagus juga untuk dinikmati.

Masuk ke dalam mulut Goa, kita akan disuguhkan pemandangan menakjubkan, juntaian stalagtit dan stalagmit yang balut tetesan air berkesan sangat alami, didalamnya terdapat mata air yang mengalir sepanjang musim dan tak pernah kering. Batuan kapur yang membentuk stalagtit dan stalagmit ini memiliki keindahan tersendiri, di dalam goa ada stalagmit yang berbentuk Petak Sawah, bentuk ini adalah favorit para pecinta alam. Ada juga stalagtit yang dinamai Batu Tirai atau Batu Sayap. Masuk 127 meter dari mulut Goa ada grojogan pertama yang dapat anda nikmati.

Baca juga:   Nguri - uri Budaya Jawa Dalam Pagelaran Wayang Kulit "Dewa Ruci"

Lokasi Objek Wisata Goa Pancur

Denah Lokasi Objek Wisata Goa Pancur di Desa Jimbaran Kayen

Denah Lokasi Objek Wisata Goa Pancur di Desa Jimbaran Kayen

Objek Wisata Goa Pancur terletak di sebelah selatan Kota Pati, tepatnya di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen. Rute yang anda lewati adalah dari Pati ke selatan arah Kayen/ Purwodadi, dari Pati ke Kayen ditempuh dengan jarak sekitar 19 kilometer. Sampai di depan SMA N 1 Kayen belok ke kiri, dari sini masih masuk ke lokasi sekitar 3,3 kilometer. Jalan masuk lokasi sudah di aspal hotmix semua, tapi ada sekitar 1 kilometer yang masih rusak. Jadi dari Pati ke lokasi objek wisata Goa Pancur anda menempuh jarak 23,2 kilometer.

Tiket masuk untuk sepeda motor Rp. 3.000, sementara untuk mobil Rp. 6.000. Anda dapat langsung menikmati eksotismes keindahan Objek Wisata Alam Goa Pancur. (Patinews.com)

Objek Wisata Goa Pancur di Desa Jimbaran Kayen Kian Berbenah | patinews.com | 4.5

Leave a Reply