Obat Flu Untuk Ibu Hamil Yang Alami Dan Aman Dikonsumsi

Pada saat masa kehamilan, terkadang memberikan banyak perubahan pada tubuh ibu. mulai dari perubahan fisik hingga perubahan pada kondisi kesehatan ibu. perlu anda ketahui jika daya tahan tubuh  wanita ketika masa kehamilan terkadang melemah sehingga sangat rentan sekali terkena berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu flu. Bahkan menurut penelitian yang ada, flu yang terjadi pada ibu hamil bahkan bisa berlangsung hingga 3 kali lebih lama dibandingkan saat kondisinya tidak hamil. Sama seperti penyakit flu pada umumnya, gejala-gejala yang dialami adalah batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan demam tinggi. Flu memang bisa diobati dengan pemberian obat-obatan, namun ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Penanganan dan pemberian obat flu untuk ibu hamil tentunya harus aman agar tidak terjadi dampak yang buruk bagi janin di dalam kandungan. Karena itulah ibu hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat flu yang alami yang membantu meringankan gejala flu.

  • Jahe

Jahe menjadi salah satu obat flu yang alami yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Jahe akan sangat membantu sistem pernapasaan ibu menjadi jauh lebih lega serta menghindari resiko terkena virus flu. Hal ini karena kandungan gingerol, minyak atsiri zingiberena, dan antioksidan alami yang dapat bermanfaat mengurangi gejala flu. Tidak hanya itu saja, mineral dan asam amino yang ada di dalam jahe juga membantu kelancaran sistem peredaran darah pada tubuh ibu hamil.

  • Madu

Mengkonsumsi madu saat terserang flu ketika masa kehamilan merupakan salah satu pengobatan terbaik. Ibu dapat mencampurkan madu ke dalam minuman hangat lainnya seperti air jahet ataupun rebusan kayu manis. Madu memang sudah dipercaya sebagai salah satu obat herbal terbaik karena kandungan sifat antibakteri di dalamnya. Dimana kandungan ini mampu mengobati flu dari dalam tubuh. Tak hanya itu saja, madu juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan berbagai infeksi yang disebabkan karena virus, jamur, dan bakteri. Dan lebih menguntungkannya lagi adalah madu juga memiliki banyak manfaat baik bagi ibu hamil. Karena madu mengandung berbagai nutrisi baik seperti protein, karbohidrat, kalsium, asam lemak, asam folat, dan berbagai vitamin.

  • Lemon dan Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang ada di dalam keduanya memang sudah tidak diragukan lagi. Kandungan vitamin C di dalam lemon dan jeruk nipis mempunyai manfaat antibakteri, sehingga sangat berkhasiat memulihkan kesehatan ibu hamil dari berbagai penyakit, termasuk flu dan batuk. Yang perlu diperhatikan adalah jika kondisi ibu hamil mempunyai gangguan pada lambung, maka sebaiknya campurkan air lemon dan jeruk nipis ke dalam minuman hangat lainnya. ataupun anda juga bisa mencampurkan air jeruk nipis atau lemon dengan madu.

  • Kunyit
Baca juga:   Mengetahui Beberapa Macam Gejala Tipes Serta Cara Mencegahnya

Kandungan di dalam kunyit memiliki sifat anti radang (anti inflamasi) yang mampu mengurangi gejala-gejala flu pada ibu hamil. Untuk membuat obat flu dari kunyit ini, anda bisa gunakan 2 ruas kunyit, cuci bersih, parut, dan ambil sarinya. Kemudian anda bisa langsung mengkonsumsinya atau dapat mencampurkannya dengan susu hangat atau madu.

  • Kencur

Sama seperti kencur, anda bisa mengolah kencur menjadi salah satu obat flu yang aman dikonsumsi bagi ibu. mengkonsumsi air perasan kencur secara rutin akan membantu meredakan gejala flu yang dialami. Anda bisa mencampurkan degan madu atau garam dan konsumsilah secara rutin hingga gejala flu sembuh total.

  • Air Rebusan Kacang Hijau

Air rebusan kacang hijau juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat flu untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. Hal ini karena kandungan vitamin A di dalamnya, sehingga mampu meningkakan sistem imun di dalam tubuh ibu serta mencegah berbagai penyakit termasuk flu. Ibu hamil bisa menambahkan sedikit gula alami atau susu agar mendapatkan rasa yang manis. Konsumsi air kacang hijau ini ketika masih hangat.

  • Sop Ayam

Saat flu, terkadang tubuh menginginkan sesuatu yang hangat yang dapat meredakan gejala flu. Anda bisa mengkonsumsi sop ayam yang hangat, karena makanan ini mengandung gizi yang cukup baik. di dalamnya terdapat kandungan protein dan berbagai sayuran yang menjadi sumber vitamin yang sangat baik bagi pemulihan kesehatan ibu hamil. Selain itu sop ayam yang hangat juga membantu melegakan tenggorokan serta meringkan hidung tersumbat.

  • Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi flu untuk ibu hamil. Saat hamil, konsumsi 1 buah saja bawang putih dalam sehari. Ini akan membantu meredakan gejala flu yang dialami oleh ibu. hal ini karena kandungan vitamin C dan mineral (enzim, selenium, dan sulfur) yang sangat baik dalam menyembuhkan flu secara alami. Bawang putih akan membantu menguatkan sistem imun tubuh dan berfungsi sebagai anti bakteri, antivirus, antioksidan sekaligus melencarkan sistem pernapasan.

Nah itu tadi beberapa obat flu untuk ibu hamil yang alami dan aman dikonsumsi. Jika gejala flu yang dialami tak kunjung reda, maka akan lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Obat Flu Untuk Ibu Hamil Yang Alami Dan Aman Dikonsumsi | review | 4.5

Leave a Reply