Musim Hujan Waspada DBD Menyerang, Kenali Lima Tanda Ini

Musim Hujan Waspada DBD Menyerang, Kenali Lima Tanda Ini

PatiNews.com – Trangkil, Sudah banyak korban meninggal dunia di karenakan gigitan nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan terjangkitnya DBD ( Demam Berdarah Dengue ).

Oleh karena itu instansi terkait di wilayah kecamatan Trangkil mengambil langkah dengan melaksanakan rapat koordinasi yang bertempat di Aula Puskesmas Kecamatan Trangkil guna mencegah berkembangnya kasus DBD di Kecamatan Trangkil dengan merencanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara serentak.

PSN bertujuan agar warga se Kecamatan Trangkil terhindar dari Serangan atau gigitan Nyamuk Aeges Aegypti, sehingga dengan langkah demikian dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian serta meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue.

Warga diharapkan waspada karena saat ini di wilayah indonesia termasuk kabupaten Pati sedang mengalami musim penghujan,untuk mencegah datang nya nyamuk maka kita harus mengubur barang-barang bekas yang bisa tergenang air hujan. Karena nyamuk akan bertelur di tempat-tempat yang tergenang air,dia akan menetas menjadi jentik-jentik nyamuk.

Selama musim penghujan sudah banyak yang terjangkit penyakit demam berdarah,bahkan ada yang sampai meninggal dunia.Untuk itu marilah kita jaga rumah agar selalu bersih,nyaman,sehat buat anak dan keluarga kita.
Sekali nyamuk berreproduksi maka akan tumbuh puluhan, ratusan hingga ribuan bibit penyakit yang siap untuk mencari mangsa.

Baca juga:   Dandim 0718 Pati Lihat Proses Ekspor Hasil Ikan laut Di Pabrik Dua Putra

Sekali kita di gigit nyamuk maka bakteri akan masuk melalui pembuluh darah kita dan bisa mengakibat kan hingga meninggal dunia.

Ciri – ciri Penyakit Demam berdarah yakni,
1.Badan akan mengalami Demam yang tinggi.
2.Kepala terasa pusing.
3.Keluar Bintik-Bintik Merah di Badan,Tangan
4.Nafsu makan hilang.
5.Dan Perut terasa mual-mual bahkan bisa sampai muntah.

Apabila ada saudara atau tetangga kita mengalami gejala tersebut maka suruh minum air sebanyak-banyaknya dan segera bawa ke puskesmas atau Rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Anggota Koramil 21 Trangkil Bati Tuud Pelda Nursuaidi meminta, “mari kita berantas sarang nyamuk agar kita tidak terkena penyakit DBD, kita berantas sarang nyamuk maka kita menyelamat kan ribuan bahkan jutaan nyawa manusia. Lebih baik mencegah dari pada mengobati,”. (pn/ k21/ pendim)

Musim Hujan Waspada DBD Menyerang, Kenali Lima Tanda Ini | patinews.com | 4.5

Leave a Reply