Categories: Resep Masakan

Menu Bekal Sehat 5 Hari Sekolah untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Anak – anak sering mengalami masalah kurang nafsu makan. Ada prosentase yang besar dari anak dengan penyakit cacingan di Indonesia. Penyakit cacingan bisa menyerang siapa saja terutama anak – anak yang ketahanan tubuhnya masih lemah. Efek samping dari penyakit cacingan adalah anak menjadi diare, kurang nafsu makan dan tidak bisa berkonsentrasi.

Padahal, saat ini setiap sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan sistem full day atau 5 hari kerja. Jadi, anak harus tetap sehat untuk bisa mengikuti pelajaran. Kesehatan itu terutama diperoleh dari makanan bergizi. Oleh karena itu, berikut ini adalah menu bekal sehat 5 hari sekolah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

  • Hari Pertama: Menu Sayur Sehat

Menu sayur sehat bisa dipenuhi dari olahan kimbap sayur, jus tomat, brokoli goreng tepung, cap cay, dan udang goreng tepung. Menu ini akan bisa dibuat dalam jangka waktu kurang dari 1 jam saja.

  • Hari Kedua: Menu Serba Ikan

Menu serba ikan di hari kedua bisa dibuat dari nasi goreng seafood, tumis cumi hitam, sayur cah kangkung, dan potongan mangga dadu. Supaya lebih lengkap, nutrisi anak bisa disempurnakan dengan susu fullcream rasa vanila.

  • Hari Ketiga: Menu Serba Buah

Menu serba buah di hari ketiga bisa diperoleh dari nasi beras merah, tumis wortel asam manis, jus kombinasi buah bit dan apel, serta salad buah. Selain menyegarkan, menu ini juga bida memenuhi kebutuhan gizi anak yang sangat aktif terutama di sekolah.

  • Hari Keempat: Menu Fast Food Sehat

Makanan cepat saji atau fast food memang tidak sehat karena mengandung MSG. Namun, dengan inovasi dari ibu maka anak juga bisa mendapatkan menu fast food yang sehat tanpa MSG. Menu tersebut antara lain burger tempe fish fillet, kentang goreng mentega, ayam goreng krispi, milkshake cokelat, dan popcorn jagung home made. Selain lezat, menu ini juga sangat menyehatkan.

  • Hari Kelima: Menu Praktis Enak

Menu di hari kelima yang biasanya lebih pendek dari jam – jam 4 hari efektif lainnya bisa dibuat dari berbagai jenis makanan. Contohnya saja roti bakar lapis cokelat, jus jeruk, puding wortel, dan nugget goreng.

Nah dengan informasi diatas, semoga bisa bermanfaat bagi para ibu yang mengalami kebingungan untuk memberikan bekal bagi si kecil. Dengan makanan yang bervariasi, semoga menjadikan anak kita lebih gemar memakan bento buatan bunda.

review

Share
Published by
review

Recent Posts

Gandeng Tentara, OSIS SMAN 1 Batangan Adakan Outbond di Jollong

Gandeng Tentara, OSIS SMAN 1 Batangan Adakan Outbond di Jollong Patinews.com - Gembong, Dipandu anggota Kodim 0718 Pati, SMAN 01…

22 menit ago

Kemenag Pati Turut Andil Dalam Program TMMD

Kemenag Pati Turut Andil Dalam Program TMMD Patinews.com - Gunungwungkal, Salah satu kegiatan non fisik TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa)…

51 menit ago

Tim SMA PGRI 2 Kayen, Raih Juara 1 Lomba Dance Pelajar se Kabupaten Pati

Patinews.com - Kota, Tim dance SMA PGRI 2 Kayen berhasil menyabet juara 1 lomba dance pelajar se Kabupaten Pati dalam…

1 jam ago

Begini Cara Kasi Humas Polsek Jakenan, Berinteraksi dengan Masyarakat

Begini Cara Kasi Humas Polsek Jakenan, Berinteraksi dengan Masyarakat Patinews.com - Jakenan, Hari ini, Senin 14 Oktober 2019, Kasi Humas…

2 jam ago

Digelar Tiga Hari, Bupati Tutup Kejurnas Tenis Pelti Pati Open

Digelar Tiga Hari, Bupati Tutup Kejurnas Tenis Pelti Pati Open PatiNews.Com - Kota, Bupati Pati Haryanto, kemarin, resmi menutup Kejuaraan…

2 jam ago

Lantunkan Sewu Kutho, Duet Didi Kempot Bareng Bupati Bikin Sobat Ambyar Pati Histeris

Lantunkan Sewu Kutho, Duet Didi Kempot Bareng Bupati Bikin Sobat Ambyar Pati Histeris PatiNews.Com - Kota, Lantunkan tembang "Sewu Kutho",…

9 jam ago