Media Evaluasi Pembelajaran Daring, Mahasiswa KKN UPGRIS Gelar Pelatihan Aplikasi Quiziz
JUWANA, PATINEWS.COM
Keberhasilan guru dapat diidentifikasi dari bagaimana guru berinteraksi dengan siswa dan media sebagai alat bantu pembelajaran. Namun demikian, sering kali ditemukan di setiap pembelajaran dikelas siswa terkadang masih asyik bermain dan tidak memperhatikan pembelajaran.
Ini menunjukkan bahwa di lapangan siswa tidak bisa terlepas dari penggunaan smartphone. Oleh karena itu, guru di tuntut untuk dapat memanfaatkan smartphone sebagai sarana media pembelajaran selama pembelajaran.
Salah satu aplikasi yang dapat digunakan oleh guru adalah Quizizz. Aplikasi Quizizz adalah aplikasi pendidikan berbasis
game, yang membawa aktivitas multi permain ke ruang kelas dan membuatnya di kelas latihan interaktif dan menyenangkan.
Quizizz merupakan sebuah web tool yang berupa permainan kuis online yang dapat digunakan sebagai penilaian formatif dalam pembelajaran Penggunaan Quizizz cukup mudah, kuis yang telah disusun dapat langsung ditambahkan ke dalam Quizizz dan dapat diatur baik gambar, latar belakang maupun opsi pilihannya. Kuis dapat dibagikan dengan kode kepada siswa.
Quizizz menyediakan data statistik dari hasil pengerjaan kuis oleh siswa yang dapat diunduh dalam bentuk spreadsheet Excel. Penggunaan Quizizz cukup fleksibel karena terdapat pengaturan waktu dalam penyelenggaraan kuis.
Dengan menggunakan Quizizz, peserta didik dapat melakukan latihan di dalam kelas pada perangkat elektronik mereka. Berbeda dengan aplikasi pendidikan lainnya, Quizizz memiliki karakteristik permainan seperti avatar, tema, meme, dan musik menghibur dalam proses pembelajaran. Quizizz juga memungkinkan peserta didik untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar. Peserta didik mengambil kuis pada saat yang sama di kelas dan melihat peringkat langsung mereka di papan peringkat.
Instruktur dapat memantau proses dan unduh laporan ketika kuis selesai untuk mengevaluasi kinerja peserta didik.
Namun demikian, faktanya banyak sekali guru yang belum mengetahui dan menggunakan Quizizz dalam pembelajaran.
(*).