Lestarikan Tradisi Pesantren, MTs Salafiyah Kajen Gelar Lomba Baca Kitab

Lestarikan Tradisi Pesantren, MTs Salafiyah Kajen Gelar Lomba Baca Kitab

PatiNews.Com – Margoyoso, Dalam rangka haul pendiri Salafiyah KH Baedlowi Siraj ke-37 dan Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan, MTs Salafiyah melaksanakan lomba qiroatul kutub untuk kelas VII dan VIII baik yang reguler maupun unggulan. Kitab yang digunakan adalah kitab Fathul Qorib karangan Imam Abu Syuja’ dan kitab Ta’lim Muta’alim karangan Syech Zarniji.

Acara lomba dilaksanakan di gedung MTs Salafiyah Kajen pada Kamis (23/05) mulai pukul 07.30 WIB dengan tema membangun peradaban melalui tradisi keislaman ulama salaf. Teknis pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahapan, yaitu tahap seleksi yang diikuti oleh 33 siswa, kemudian yang lolos akan masuk ke babak final yaitu membacakan kitab sesuai dengan materi uji yang diambil masing-masing 6 siswa dari kelas unggulan dan reguler.

Baca juga:   Koramil 0805/07 Ngrambe Bantu Warga Bersihkan Material Atap Rumah Yang Roboh Tertimpa Pohon

Kepala MTs Salafiyah Ahmad Ruman Masyfu’, SH M Si mengatakan tujuan acara ini salah satunya adalah supaya ghirah baca kitab meningkat di kalangan santri. “Kita harus membuat wadah untuk mereka berkompetisi salah satunya adalah dengan mengadakan acara musabaqoh qiro’atul kutub. Hal ini juga sebagai upaya melestarikan tradisi pembelajaran pesantren zaman awal berdirinya madrasah Salafiyah terdahulu ala ahlussunah waljamaah”, ungkapnya saat sambutan.

“Semoga yang ikut lomba maupun yang tidak atau sebagai mustami’ akan mendapatkan manfaat dan barokah dari acara ini”, tambahnya.

Sebelum acara lomba, terlebih dahulu diadakan pelaksanaan salat dhuha bersama di halaman madrasah. (pn/ dr).

Lestarikan Tradisi Pesantren, MTs Salafiyah Kajen Gelar Lomba Baca Kitab | patinews.com | 4.5

Leave a Reply