Kontes Kambing Kaligesing se Karesidenan Pati Digelar di Tayu

Kontes Kambing Kaligesing se Karesidenan Pati Digelar di Tayu

Kontes Kambing Kaligesing se Karesidenan Pati Digelar di Tayu

Patinews.com – Tayu, Bertempat di pasar hewan Tayu desa Tayu Kulon kecamatan Tayu dilaksanakan Kontes kambing etawa ras Kaligesing tingkat karesidenan Pati tahun 2017 Oleh DPD PERKKANAS Kabupaten Pati yang bekerja sama dengan Kodim 0718 Pati. (Minggu, 26/03/17).

Hadir dalam event tersebut antara lain, Kepala Dinas peternakan dan kesehatan hewan propinsi Jateng Bpk Ir Agus supriyanto, Bupati pati diwakilo oleh Kepala Dinas pertanian dan perternakan Kab Pati Bpk Ir Muhktar efendi MM, Dandim 0718 Pati uang diwakili oleh Kasdim 0718 Pati Mayor Inf Agus Supriyadi, Muspika Kec Tayu, Pemerintah Desa Tayu kulon, Peternak Kambing etawa se karesidenan Pati, Panitia kontes, dan masyarakat pecinta kambing etawa.

Dalam sambutan Bpk Ir Agus supriyanto selaku Kepala Dinas peternakan dan kesehatan hewan propinsi jawa tengah, “Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya kontes kambing etawa ras kali gesing ini sehingga diharapkan gairah masyarakat untuk berternak akan semakin meningkat dan juga kesadaran tentang pemeliharaan hewan yang baik menyangkut kesehatan hewan ternak meningkat yang pada akhirnya bermuara pada meningkatnya kesejahteraan dan perekonomian peternak”.

Ir.Muhktar efendi.MM yang mewakili Bupati Pati menyampaikan, “Puji syukur kehadirat Allah swt atas terselenggaranya kegiatan kontes ini dan selamat datang baik tamu undangan maupun kontestan serta masyarakat pecinta kambing etawa ras kaligesing. Terima kasih kepada DPD perkanas kab Pati dan Kodim 0718 Pati yang telah mempersiapkan sampai dengan pelaksanaan kontes kambing etawa ini dengan penyelenggaraan acara seperti ini secara otomatis akan meningkatkan minat masyarakat untuk berternak kambing etawa karena nilai ekonomisnya yg tinggi”.

“Melalui kontes seperti ini juga akan mampu mempererat persatuan dan kekeluargaan peternak dan bisa saling tukar pengalaman tentang cara berternak yang baik dan bisa menjaga stabilitas harga ternak sehingga bidang pertanian dan perternakan akan mampu mandiri sebagai salah satu unsur meningkatkan perekonomian. Saya harap acara dan kontes seperti ini bisa berlanjut ditempat dan waktu yg berbeda sehingga iklim dan suasana akan tetep bisa dipertahankan dan ditingkatkan”.

Sambutan Dandim 0718 Pati Diwakilkan kasdim 0718 Pati.( Mayor Inf.Agus Supriyadi ), “Terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin baik antara kodim 0718 pati dengan komunitas peternak kambing etawa di kabupaten pati ini. Kodim pati siap bekerja sama dengan peternak kambing etawa dalam melaksanakan lomba atau kontes dari mulai pengamanan maupun hal yang lain ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial dan juga kemanunggalan TNI dan masyarakat diharapkan dengan kontes seperti ini akan tercipta nya stabilitas pangan dan meningkatnya ekonomi masyarakat serta juga terciptanya persatuan dan kesatuan di masyarakat khususnya peternak dan pada umumnya masyarakat kab pati sehingga pada akhirnya akan terwujudnya sebuah ketahanan nasional”.

“Kodim pati akan selalu mendukung dan bersama bekerja sama dlm bidang apapun sebagai pelopor dan penggerak bersama masyarakat menciptakan suasana kondusif peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat”, pungkas Kasdim.

Baca juga:   Ribuan Warga Meriahkan Jalan Santai Bareng Bupati Haryanto dan Wabup Saiful Arifin

Sedangkan parameter kontes yang dinilai meliputi, Kepala,  Tanduk, Telinga, Leher, Postur, Pola warna, Bulu, Kaki, Ekor, Rewas, dan Ambing/Testis.

Keluar sebagai jawara dalam kontes tersebut adalah:

Kelas A ekstrim( diatas poel gigi lepas 3 pasang keatas) yaitu :
– Jantan :
1Jendral pemilik Bpk Mustofa Mayong Jepara

– Betina :
1Greder pemilik Etawa sakti Pati.

kelas B ( 1-2 pasang gigi lepas) yaitu :
– Jantan :
1Raka bumi pati pemilik Bpk Saiful arifin Pati.
– Betina :
1Raya kitty pemilik Bpk Sudadi Bangkol.

Kelas C ( belom poel) Yaitu :
– Jantan :
1Ragil pemilik Bpk Khoiri Pati.
– Betina :
1Sahara pemilik Bpk Jarwo Pati.

Kelas D (anak/cempe umur 1-4 bln)yaitu :
– Jantan :
1 Sudawirat pemilik Bpk Mualim wedusan.
– Betina :
1 Debora pemilik Bpk Asiq Dumpil. (td)

Kontes Kambing Kaligesing se Karesidenan Pati Digelar di Tayu | patinews.com | 4.5

Leave a Reply