Jebol Akibat Banjir, Tanggul Sungai Gandam Diperbaiki

Jebol Akibat Banjir, Tanggul Sungai Gandam Diperbaiki

Jebol Akibat Banjir, Tanggul Sungai Gandam Diperbaiki

Patinews.com – Batangan, (Rabu, 11 Januari 2017) Babinsa Koramil 15/Batangan bersama warga Desa ngening kecamatan Batangan melaksanakan kerja bakti memperbaiki tanggul sungai Gandam yang jebol pada dini hari kemarin pukul 01.00 tanggal 10 januari 2017, akibat hujan turun yang sangat deras mengguyur wilayah kecamatan Batangan, sehingga mengakibatkan aliran sungai Gandam tidak mampu menahan derasnya air yang mengalir.

Akibat kerusakan tanggul yang jebol ini mengakibatkan tanaman milik warga banyak yang terendam air, salah satunya sawah milik Bapak Sumadi padi yang hampir panen kurang lebih 20 hari lagi porak poranda, karena letak sawah bapak Sumadi berdekatan dengan tanggul yang jebol dan banyak pula perumahan warga yang terendam air, tetapi hanya sementara saja tidak terlalu lama air menggenang kekhawatiran warga apabila tidak segera di perbaiki maka akan berpengaruh pada tanaman padi masyarakat desa ngening dan sekitarnya, dan juga warga akan resah apabila terjadi hujan yang lebat.

Untuk mencegah bertambah lebarnya tanggul sungai Gandam yang jebol ini maka babinsa desa ngening koptu sukamto berkoordinasi kepada kepala desa setempat Bapak Karnadi untuk mengerahkan masyrakat setempat untuk segera memperbaiki tanggul tersebut terutama karung karung sak dan tanah. Itupun pengangkutan sak yang berisi tanah menggunakan motor warga masyarakat Desa ngening karena lokasi tanggul yang jebol jauh dari jalan kurang lebih 500 meter sehingga untuk mengangkut karung yang berisikan tanah memakan waktu yang cukup lama.

Baca juga:   Polsek Juwana dan Pengurus Vihara Sadha Dipa, Deklarasi Anti Hoax

Sungai gandam ini kurang lebih 2 tahunan yang lalu dilaksanakan penormalisasian, mengingat tanggul yang kurang tinggi sehingga sering kali airnya meluap ke sawah maupun ke pemukiman. Sungai tersebut sudah sering mengalami longsor tetapi berlainan tempat karena struktur tanah yang masih labil dan tidak mampu menahan derasnya air akibat hujan yang sangat lebat.

Untuk sementara tanggul yang jebol ini diperbaiki masih 75% hampir selesai dan akan dilanjutkan besok pagi hari kamis tanggal 12 Januari 2017.

Danramil 15/Batangan Kapten Inf M. Sopi’i berharap dengan adanya kerja bakti ini akan memberikan manfaat bagi Masyarakat Desa Ngening khususnya para petani dan dapat menumbuhkan tali silaturrahmi antara warga masyarakat dan TNI.

Kepala Desa Ngening bapak Karnadi mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kerja samanya dengan anggota koramil 15/batangan smoga dengan adanya kerja bakti ini dapat menjalin tali silaturahmi antara warga dan aparat TNI agar tetap harmonis dan tetap terus bersinergi. Kegiatan kerja bakti ini dilaksanakan dengan lancar dan aman dan selesai pada pukul 11.45 WIB. (Patinews.com/ pendim pati)

Jebol Akibat Banjir, Tanggul Sungai Gandam Diperbaiki | patinews.com | 4.5

Leave a Reply