Desa Wisata Banjarejo Grobogan, dari Rumah Fosil hingga Spot Foto Jerami

Patinews.com – Grobogan, Secara sekilas Desa Wisata Banjarejo merupakan salah satu Desa yang berada di kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Seperti pada umumnya, banyak hamparan sawah sepanjang kanan-kiri jalan, pemandangan yang khas pun cenderung biasa saja.

Tetapi beberapa waktu lalu wisatanya ramai di perbincangkan karena di sini terdapat banyak temuan berupa tulang-tulang hewan, yang di perkirakan datang dari jutaan tahun lalu.

Beberapa tahun belakangan ini telah ditemukan telah di temukan kurang lebih sebanyak 850 patahan tulang pada zaman purba atau tulang fosil dan terdapat 15 jenis hewan purba di desa ini, fosil-fosil tersebut merupakan tulang dari, Gajah, Kudanil, Kerbau, Kerang, Badak, Serigala,Rusa,dan kura-kura, yang di perkirakan hidup jutaan tahun lalu.

Hasil penemuan fosil di desa Banjarejo di simpan di Museum mini, Rumah Fosil ini merupakan rumah dari seorang Achmad Taufik, yang di kenal sebagai kepala desa Banjarejo. Di rumah beliau teman-teman bisa melihat ratusan temuan fosil hewa-hewan purba, seperti kepala Kerbau, gading Gajah,Kerang,tongkorak Buaya,yang semua dalam ukuran raksasa, serta beberapa benda peninggalan zaman Megalitikum dan kerajaan Medang Kamolan. Total terdapat sekitar 500 koleksi fosil yang tersimpan di rumah fosil desa wisata Banjarejo Grobogan.

Baca juga:   Kejuaraan Sepak Bola Bupati Cup U21, Resmi Dibuka Bupati Haryanto

Desa wisata Banjarejo Grobogan di resmikan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni pada 27 Oktober 2016 untuk mendukung hal tersebut pihak pemerintah setempat mengoptimalkan destinasi wisata di daerah ini salah satunya membangun patung Ganesha tidur ,ukuran patung Ganesha yang sengaja di buat besar yakni berukuran 11×4,5 meter. Hadirnya patung ikonik ini ampuh menarik perhatian masyarakat.

Selain itu, untuk memperingati dua tahun usia desa wisata Banjarejo Grobogan beberapa waktu lalu, desa ini membuka festival jerami pada festival ini beragam patung hewan besar yang terbuat dari jerami di pamerkan, banyak wisatawan yang berkunjung untuk foto-foto seru dan unik teman-teman yang tertarik dengan dengan fosil-fosil pada zaman purba di desa Banjarejo Grobogan bisa datamg kesini, daria arah Purwodadi kota arahkan kendaraan ke Jln Raya Purwodadi-Blora lalu, lanjutkan ke Wirosari-Kuwu menuju Kradenan waktu yang di tempuh kurang lebih sekitar 2 jam.

Dengan berkunjung ke Desa wisata Banjarejo Grobogan pengunjung akan mendapat pengalaman yang berbeda dari liburan biasanya teman-teman akan di bawa ke zaman purba se olah bertemu dengan hewan-hewan dari jutaan tahun lalu.

Penulis: Bella Septin Lailiya

Desa Wisata Banjarejo Grobogan, dari Rumah Fosil hingga Spot Foto Jerami | patinews.com | 4.5

Leave a Reply