Ciptakan Pilkades Damai, Bakal Calon Kades Enam Desa di Gabus Gelar Deklarasi

Ciptakan Pilkades Damai, Bakal Calon Kades Enam Desa di Gabus Gelar Deklarasi

Patinews.com – Gabus, 122 Desa di Kabupaten Pati bakal melaksanakan Pilkades serentak Tahun 2019, yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 21 Desember 2019.

Dan untuk mempersiapkan acara Pilkades serentak di wilayah Kecamatan Gabus supaya berjalan lancar dan sesuai dengan perencanaan, dilaksanakan acara sosialisasi Persiapan Pilkades Serentak yang rencana akan digelar di enam desa di Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Kamis, 21 November 2019.

Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Gabus yang dihadiri oleh Muspika Gabus yakni Camat Gabus Tikno, STTP, MM, didampingi oleh Sekcam Gabus Ngasiman, SH, Danramil 19/ Gabus Kapten Inf Urip Widodo , Kapolsek Gabus IPTU Mulyono, SH, hadir pula para anggota dewan dari DPRD Kabupaten Pati Ketua Komisi 1 bidang Hukum dan pemerintahan Ir.Bambang Susilo, Wakil ketua Komisi 1Dikco Wahyu Pradana, Sekretaris Komisi Sunandar, para Bakal Calon (Balon) Kades enam Desa dan Ketua Panitia Pilkades enam Desa yang akan menggelar Pilkades yaitu desa Gabus, Tanjunganom, Sugihrejo, Banjarsari, Tanjang dan Kosekan.

Dalam acara tersebut Camat Gabus Tikno, STTP, MM mensosialisasikan tentang Perda No 11 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan PerBup No. 9 Tahun 2018 dan aturan pelaksanaannya kepada Pemerintah Desa dan Panitia Pilkades .

Tikno juga menyampaikan bahwa Tim Panwas akan mendampingi panitia selama 11 tahapan yang akan dilalui, Pembentukan Panitia Penyusunan tatib penyusunan RAB estimasi 30 hari.

Lebih lanjut camat menjelaskan amanat UU 6/2014 Pasal 34 ayat (6) yang mengatur tentang biaya pemilihan kepala desa dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Pati.

Camat Gabus juga menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan Pilkades serentak yang sudah diatur semua dalam PerBup dan aturan main Pilkades yang dicantumkan dalam Tata tertib sedangkan untuk ketentuan jumlah calon Kepala Desa paling sedikit dua orang dan paling banyak 5 orang, apabila lebih dari 5 orang maka akan dilakukan seleksi melalui Ujian oleh panitia, apabila terdapat Calon Kepala Desa yang mengundurkan diri maka tanda gambar/ foto yang bersangkutan tetap dicantumkan dalam surat suara untuk pelaksanaan pemilihan.

Dalam kesempatan tersebut Ir. Bambang Susilo selaku Ketua komisi 1 DPRD Kabupaten Pati yang membidangi hukum dan pemerintahan dan sekaligus selaku pengawas pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Pati mengisi sesi tanya jawab bersama audiens yang hadir dalam acara Sosialisasi.

Tidak hanya itu, Bambang Susilo juga menghimbau terkait berita – berita yang melalui media massa, terutama medsos alangkah baiknya terutama untuk para calon bisa menyikapi informasi yang ada, dan harus bisa menjaga situasi politik desa agar berjalan dengan baik.

Diahir acara sosialisasi, dilaksanakan acara tambahan yakni Deklarasi Pilkades damai yang diikuti oleh seluruh Bakal calon Kades di Kecamatan Gabus dan Muspika Gabus sebagai motor dalam kegiatan deklarasi damai tersebut. (pn/ Snpt/ Pendim)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Cara Mudah Memainkan Mobile Legends Di PC

Mobile Legends : Bang Bang merupakan salah satu game MOBA mobile yang paling populer saat…

6 jam ago

Sadar Akan Tantangan Industri 4.0, Prodi Perbankan Syariah IPMAFA Gelar Kuliah Pakar

Perkembangan Industri 4.0 memberikan perubahan besar dalam penyusunan strategi bisnis perusahaan tidak terkecuali pada industri…

13 jam ago

Cari Vendor Pernikahan Terpercaya? Yuk Hadiri Pati Utara Wedding Exhibition 2020

21-22 Maret 2020 “PATI UTARA WEDDING EXHIBITION 2020” . Sedang merencanakan pernikahan? Bingung dengan segala…

13 jam ago

“Hallo Pak Inggi”, Program Kades Jrahi Terima Aduan Warga

Patinews.com – Gunungwungkal, Usai dilantik menjadi Kepala Desa (Kades) Jrahi Kecamatan Gunungwungkal, Miko Adi Setyawan…

14 jam ago

Gandeng Binalattas Kemnaker RI, Optimis Hasil UMKM Pati Go Internasional

Patinews.com - Kota, Pemerintah Kabupaten Pati dalam hal ini diwakili oleh enam Organisasi Perangkat Daerah…

14 jam ago

Kadin Pati Dorong Pelaku UMKM “Go Ekspor”

Patinews.com - Batangan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pati siap menarik dan membina pelaku…

15 jam ago