Categories: Berita

Bupati Pati Tanda Tangani MoU Smart City, Implementasikan Kota Pintar

PatiNews.Com – Kota, Bupati Pati Haryanto, menandatangani “Memoradum of Understanding” (MoU) dengan Kemenkominfo dalam rangka terpilihnya Kabupaten Pati sebagai salah satu dari 50 Kota/Kabupaten dalam Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua, Selasa (8/5/2018).

Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan program bersama antara Kemenkominfo dengan Kemendagri, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PAN & RB, Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, dan Kompas Gramedia, dengan tujuan Pemerintah Daerah dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bersama 49 Kepala Daerah Kabupaten/Kotapenandatanganan dilakukan di hotel Red Top, Jl. Pecenongan No.72, RT.2/RW.4, Kb. Klp., Gambir, Kota Jakarta Pusat. Penandatanganan ini menandai dimulainya rangkaian kegiatan yang bertujuan mendorong pemanfaatan teknologi dalam menjawab permasalahan sekaligus mendorong potensi di daerah masing-masing.

Pemilihan Kabupaten/Kota untuk mengikuti kegiatan ini dilakukan melalui seleksi dengan melihat berbagai parameter, seperti kondisi keuangan daerah, peringkat dan status kinerja penyelenggara pemerintah daerah berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, serta indeks Kota Hijau yang diterbitkan Kementerian PUPR.

Awalnya, 120 terpilih menjadi kandidat untuk mengikuti proses assesment di Jakarta. Kesiapan diukur melalui visi Kepala Daerah serta kelengkapan infrastruktur, regulasi dan SDM yang mengacu pada konsep pemerataan dan Nawa Cita.

Setelah penandatangan ini, daerah akan mendapatkan pendampingan guna menyusun master plan dan quickwin smarticty.Pendampingan dilakukan oleh akademisi dan praktisi smart city dari berbagai institusi seperti Universitas Indonesia, ITB, Perbanas dan UMN. Master plan yang dihasilkan akan mencakup rencana pembangunan smart city di masing-masing Kabupaten/Kota dalam 5-10 tahun ke depan. Selain itu, setiap daerah juga akan memiliki program pintas yang hasilnya bisa dirasakan masyarakat dalam setahun ke depan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program smart city, hadir dalam kegiatan ini Ketua Komisi C DPRD H. Awi, SH, Sekda Ir. Suharyono, MM, Kepala Bappeda Ir. Pujo Winarno, MM, Kadiskominfo Indriyanto, SH, M.Si. (pn/ kab)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Dilantik, Karang Taruna Sari Kamandowo Talun Siap Kembangkan Potensi Desa

Patinews.com - Kayen, Malam ini (Kamis, 27 Februari 2020) bertempat di Balai Desa Talun Kecamatan…

2 jam ago

Hentikan Sementara Umrah, Indonesia Hormati Keputusan Saudi

Patinews.com - Nasional, Untuk mencegah penyebaran virus Corona, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan kebijakan penangguhan…

2 jam ago

Edi Wuryanto Siap Perjuangkan Tenaga Kesehatan Honorer Jadi ASN

Patinews.com - Kota, Edi Wuryanto, Anggota Komisi IX DPR RI Dapil 3 (Pati, Rembang, Blora,…

2 jam ago

Pasca Rontoknya Dinding Gedung RSUD Kayen, Komisi D DPRD Pati Pastikan Pelayanan Pasien Tak Terganggu

Patinews.com - Kayen, Terkait dengan adanya laporan dari masyarakat yang tersebar melalui media sosial terkait…

3 jam ago

Gandeng PIC, Kodim Pati Berbagi Ceria Bersama Ratusan Anak Yatim dan Penyandang Disabilitas

Patinews.com - Kota, Bertempat di Aula suluh Bhakti Kodim 0718 Pati berbagi ceria bersama sekitar…

3 jam ago

Terpasung 10 Tahun, Penderita Gangguan Jiwa Asal Talun Kayen Dievakuasi

Patinews.com - Kayen, Berasal dari informasi masyarakat, Z (40 tahun) warga Desa Talun Kecamatan Kayen…

5 jam ago