BPS Pati Tingkatkan Kualitas Data Pertanian Tanaman Pangan

BPS Pati Tingkatkan Kualitas Data Pertanian Tanaman Pangan

BPS Pati Tingkatkan Kualitas Data Pertanian Tanaman Pangan

PatiNews.Com – Kota, Mengusung tema “kerja nyata dengan data untuk pembangunan pati yang lebih baik”, BPS Kabupaten Pati menyelenggakan Briefing petugas pengumpul data pertanian tanaman pangan (survei ubinan) tahun 2017. Senin, 18 Desember 2017.

Briefing diikuti seluruh PPL perwakilan dari 21 Kecamatan se-kabupaten Pati dan seluruh petugas servei ubinan di BPS Kabupaten Pati. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pengumpulan data produktifitas tanaman pangan yang selama ini telah dilakukan. Pengumpulan data produktifitas tanaman pangan mempunyai peranan cukup penting dalam perekonomian Indonesia, karena kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

Informasi mengenai produksi tanaman pangan diharapkan akurat dan menggambarkan kondisi kekinian. Salah satu informasi penting yang dibutuhkan dalam penghitungan produksi tanaman pangan adalah hasil per-hektar yang dikumpulkan secara rutin melalui Survei Ubinan.

Baca juga:   Hendak Nge-Charge HP, Gadis Belia di Gabus Meninggal Tersengat Listrik

Informasi yang dikumpulkan dalam survei ubinan adalah data hasil per-hektar tanaman padi sawah, padi ladang, jagung, kedelai, kacang tanah, ubi kayu dan ubi jalar. Selain itu, beberapa informasi pendukung juga dikumpulkan diantaranya: cara menanam, banyaknya benih, varietas benih, pupuk, informasi pengendalian hama yang digunakan, dan lainnya.

Briefing dilakukan seharian penuh dengan dibagi menjadi dua sesi yaitu penyampaian teori dan praktek lapangan. Penyampaian teori mulai dari SOP pengumpulan data, pengisian blanko, dan sistem pelaporan. Sesi praktek, peserta diajari bagaimana cara pemilihan angka random, menghitung langkah pematang lahan, dan cara menggunakan alat ubinan yang sesuai. (Parman, Statistisi Muda BPS Kabupaten Pati)

BPS Pati Tingkatkan Kualitas Data Pertanian Tanaman Pangan | patinews.com | 4.5

Leave a Reply