Aspek Utama Tes Psikometri

Ketika Anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan, pasti tidak akan asing lagi dengan adanya  tes psikonometri. Tes ini biasanya digunakan untuk menyeleksi karyawan baru yang ingin bergabung di sebuah perusahaan tersebut. Tes yang bernama psikonometri ini berupa tes kemampuan dan bakat atau kepribadian seseorang. Tes ini biasanya digunakan sebagai dasar dalam menilai dan menyeleksi karyawan baru ketika perekrutan. Dalam tes ini, biasanya akan diukur sifat kepribadian dan perilaku seorang pelamar kerja. Untuk mengetahui sifat dan kepribadian, Anda bisa mencoba menggunakan laman mettl.com.

4 Aspek Utama Tes Psikonometri

Tes Psikonometri biasanya digunakan untuk mengukur hal-hal penting yang tidak bisa diukur, misalnya sifat dan kepribadian seseorang. Tes ini memiliki 4 aspek utama mengenai kepribadian manusia. Keempat aspek tersebut sangat penting bagi kehidupan manusia karena menjadi tolak ukur dalam menilai disi sendiri. Berikut ini 4 aspek utama kepribadian manusia yang diuji dalam tes ini.

1. Motivasi, Nilai, Preferensi (Mettl Motivation Inventory)

Mettl Motivation Inventory merupakan tes motivasi yang cukup komprehensif. Tes ini memberikan pemahaman tentang apa yang memotivasi dan mendorong seseorang untuk melakukan kerja secara efektif dan unggul di tempat kerjanya. Jika Anda semakin termotivasi dan mengerahkan seluruh tenaga kerja, maka hasil yang didapat juga akan semakin baik. Di dalam tes akan mengukur 8 kunci motivator utama yang terbagi menjadi 3 kebutuhan utama, yaitu Kebutuhan Berkelanjutan (Uang, Keamanan), Kebutuhan Keterkaitan (Afiliasi, Persaingan, Pengakuan), dan Kebutuhan Pertumbuhan (Kemajuan, Pencapaian, Kekuasaan). 

2. Sifat Kepribadian Positif (Mettl Personality Inventory)

Sifat kepribadian positif dari mettl.com terinspirasi dari kepribadian model “Big Five” yang sudah ada sejak lama. Model tersebut mengatakan bahwa manusia bisa dideskripsikan tergantung dari posisi mereka sendiri berdasarkan 5 sifat kepribadian yang besar. 5 Faktor kepribadian tersebut adalah Sifatnya yang Hati-Hati, Neurotisme, Terbuka Terhadap Hal Baru, Mudah Bersepakat, dan Ekstraversi. Big Five sendiri bisa memprediksi hal yang berhubungan dengan pekerjaan seperti kemampuan mereka. Performa kerja, kepuasan kerja, dan potensi bagi orang untuk mengalami kejenuhan. 

Baca juga:   Polres Pati Kejar Sindikat Pengedar Sabu-sabu di Dukuhseti

3. Kemampuan Kognitif (Penilaian Kognitif)

Menggunakan mettl sebagai pengukur kemampuan kognitif sangat bagus untuk dicoba. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan yang digunakan untuk memperoleh dan menerapkan keterampilan. Ranah kognitif biasanya mencakup kegiatan mental atau otak. Kemampuan kognitif biasanya berhubungan dengan kemampuan memahami, menganalisis, menghafal, mengevaluasi, mensintesis, dan mengaplikasi. Biasanya bentuk tes tes psikometri untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang atau pekerja adalah tes lisan, pilihan ganda, uraian objektif, uraian non objektif, isian singkat, menjodohkan, portofolio dan performa.

4. Sifat Kepribadian yang Gelap (Mettl Dark Personality Inventory)

Semakin bertambahnya waktu, Anda akan merasakan bagaimana meningkatnya tekanan kerja yang membuat kesabaran semakin habis. Hal tersebut jangan sampai terjadi karena akan berdampak buruk untuk ke depannya. Maka dari itu, tempat kerja harus memiliki lingkungan yang positif dan kondusif. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keselamatan karyawan dan tidak memicu sifat-sifat yang bersifat kelam. Mettl sudah merangkum 6 sifat gelap yang dimiliki seseorang, yaitu Obsesi Diri, Temperamental, Pencari Sensasi, Implusif, Tidak Peka, dan Oportunisme. Dengan begitu, tujuan Mettl Dark Personality Inventory dalam tes psikonometri adalah untuk mengukur bagaimana kepribadian negatif yang dimiliki seseorang ketika proses perekrutan karyawan. 

Itulah beberapa aspek penting dalam tes psikonometri. Semua aspek tersebut memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Dengan adanya tes ini, maka para penyeleksi karyawan baru biasanya akan mengetahui bagaimana kepribadian orang tersebut sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk merekrut karyawan baru. 

Aspek Utama Tes Psikometri | patinews.com | 4.5

Leave a Reply