Amankan Produksi Padi, Petani Tambakromo Lakukan Pengendalian OPT

Amankan Produksi Padi, Petani Tambakromo Lakukan Pengendalian OPT

Amankan Produksi Padi, Petani Tambakromo Lakukan Pengendalian OPT

Patinews.com – Tambakromo, (Selasa, 17 Januari 2017) Serda Supardi, Babinsa Koramil 20/Tambakromo bersama Serma Sukarbin Bati Wanwil Koramil 20/Tambakromo, melaksanakan giat pendampingan “Gerakan Pengendalian hama Wereng Batang Coklat (WBC)” pada tanaman padi siap panen di desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo.

Kegiatan pengendalian hama wereng coklat ini didukung dan terlaksana berkat kerjasama antara anggota Kelompok Tani se-Kecamatan Tambakromo, Babinsa (Koramil 20/Tambakromo), PPL, POPT (Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman) dan Mantri Tani desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo. Gerakan pengendalian hama wereng ini menggunakan pestisida Sidabas (BPMC) bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

Menyebarnya hama wereng coklat pada batang padi dibeberapa desa wilayah Kecamatan Tambakromo dapat mengancam menurunnya produksi padi, sehingga timbul gagasan dari Dinas Pertanian Kecamatan Tambakromo untuk mengadakan gerakan massal pengendalian hama wereng secara serentak. Menjelang musim panen ini desa Sitirejo mendapat kesempatan dalam program Gerakan Pengendalian hama Wereng Batang Coklat (WBC), dengan luas areal tanaman padi yang terserang wereng kurang lebih 5 Ha dari luas tanam 50 Ha atau sekitar 10%.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengamankan produksi padi Musim Tanam I (2016/2017) di wilayah Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati, dari serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) khususnya hama Wereng Batang Coklat (WBC). Untuk itu dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Peternakan Balai Penyuluhan Kecamatan Tambakromo perlu mengadakan gerakan secara bersama-sama untuk mengendalikan hama tersebut dengan cara penyemprotan secara bersama-sama/serentak.

Baca juga:   Total 71,5 Juta Rupiah, Bupati Serahkan Bantuan Bencana Alam dan Sosial Tahap II 2019

Cahyo selaku Kepala PPL Tambakromo menjelaskan bahwa, “kelembaban udara yang cukup tinggi yang terjadi saat ini sangat cocok untuk perkembang biakan hama wereng coklat serta curah hujan yang akhir-akhir ini cukup tinggi juga dimungkinkan efektifitas pestisida menurun, sehingga sangat perlu diadakan suatu gerakan pengendalian hama secara serentak supaya tidak terjadi mobilitas dari lokasi yang sudah di adakan penyemprotan, didatangi wereng lagi dari lokasi yang belum disemprot”, Ujar beliau.

Ibu Saswari, salah satu Ketua Kelompok Tani “Puspita Sari” desa Sitirejo mengatakan, “dengan adanya bantuan pestisida dari Pemerintah dan gerakan seperti ini, semoga dapat mengurangi resiko kerugian pada musim panen ini. Kami sangat mengapresiasi pihak Pemerintah yang telah mengadakan tindakan yang sigap menghadapi hama wereng ini, semoga hasil panen musim ini sesuai yang kami harapkan”, pungkasnya. (Patinews.com/ Pendim Pati)

Amankan Produksi Padi, Petani Tambakromo Lakukan Pengendalian OPT | patinews.com | 4.5

Leave a Reply