Categories: Healthy

7 Sayuran yang Baik Dikonsumsi saat Diare

Diare merupakan penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja. Sangat merepotkan, pasien diare akan sulit menjalani aktivitas dengan normal sehingga diare harus diatasi dengan serius. Hal pertama yang harus dilakukan oleh seseorang yang terkena diare adalah minum air yang lebih dari cukup. Jika seseorang harus minum minimal 2 liter perhari, pasien diare harus menambah porsinya minimal 1 gelas setiap selesai buang air besar. Hal ini penting dilakukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Selain air putih, oralit, air kelapa serta kaldu ayam juga dapat menggantikan cairan tubuh (hidrasi). Masih banyak jenis makanan yang dapat mengurangi keluhan ketika sedang diare, misalnya apel, pisang, roti tawar, dan masih banyak lainnya. Dari golongan sayur-sayuran pun ada beberapa jenis yang dipercaya mampu meredakan diare. Apa saja sayuran yang baik dikonsumsi saat diare?

1 Labu Kuning

Cara mengatasi diare di rumah yang pertama dapat dilakukan dengan mengkonsumsi labu kuning. Labu kuning memiliki vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Namun, siapa sangka jika ternyata labu kuning juga dapat meredakan diare? Sayuran yang satu ini juga merupakan sumber serat yang baik sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Labu kuning juga dapat diberikan kepada bayi (6 bulan keatas) ketika sedang diare.

2 Wortel

Perbanyaklah mengkonsumsi wortel matang ketika kamu sedang diare. Caranya cukup mudah, bisa kamu campurkan dengan kaldu ayam sehingga menjadi sup wortel Menambahkan sedikit garam akan membuat rasa sup wortel semakin lezat. Bye bye diare!

3 Lobak putih

Lobak merupakan sayuran dengan kandungan kalori yang rendah. Sayuran yang berwarna putih ini juga mengandung rendah karbohidrat dan kaya serat sehingga baik untuk dikonsumsi ketika kamu sedang memiliki masalah pencernaan, seperti diare.

4 Timun

Sebagaimana kita ketahui bahwa ketika diare, banyak cairan tubuh yang hilang bersamaan dengan feses. Jika dibiarkan atau tidak diatasi dapat mengakibatkan dehidrasi pada tubuh. Kandungan air yang banyak pada timun dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang sehingga bisa menjadi alternatif makanan sehat ketika kamu sedang diare. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu hanya perlu merebus lalu mengkonsumsinya.

5 Daun singkong

Sayuran yang satu ini dapat dengan mudah ditemu di pekarangan rumah. Ketika sedang diare, konsumsilah daun singkong dengan benar. Jangan ditambah santan ya, kamu hanya perlu merebusnya lalu meminum air rebusannya.

6 Daun kemangi

Daun kemangi memiliki rasa yang segar dan sedap saat dikonsumsi sebagai lalapan maupun tambahan pada pepes ikan. Rasanya yang kuat membuat banyak orang menyukainya. Ternyata, daun kemangi memiliki banyak manfaat, salh satunya dapat meredakan diare. Hal ini tercantum di dalam buku A Dictionary of Practical Material Medical serta berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, Amerika Serikat. Oleh sebab itu, konsumsilah daun kemangi ketika kamu sedang diare. Jika ingin mengkonsumsinya sebagai lalapan, pastikan kamu telah mencucinya dengan bersih agar terhindar dari bakteri. Namun mengkonsumsinya saat sudah dimasak akan jauh lebih baik dan meminimalisasi risiko gangguan pencernaan.

7 Zucchini

Mungkin jenis sayuran yang satu ini jarang terdengar. Sering disebut timun jepang, zucchini memiliki banyak manfaat seperti mengurangi kadar glukosa, membantu masalah penglihatan serta mengatasi masalah pencernaan. Kandungan seratnya di dalamnya dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi diare yang sedang kamu alami. Selain itu, zucchini juga merupakan sayuran dengan karbohidrat rendah sehingga baik untuk kamu yang sedang menjaga berat badan.

Selain mengkonsumsi sayuran yang baik untuk diare, kamu juga bisa mengkonsumsi obat untuk mempercepat penyembuhannya. Ada banyak pilihan obat diare, salah satunya entrostop yang bisa kamu konsumsi. Jika diare terus berlanjut dalam waktu yang lama, sebaiknya segera hubungi dokter.

review

Share
Published by
review

Recent Posts

Berbagai Elemen Masyarakat Pati, Tolak Demo Anarki

PATI, PATINEWS.COM Kompak tolak demo anarkis, berbagai elemen masyarakat Kabupaten Pati melaksanakan deklarasi damai di…

19 Oktober 2020

Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Andil Dalam Kegiatan Tartil Rutin Bersama Fatayat Muslimat Desa Guwo

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Minggu, (18/10) bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1442, Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah…

19 Oktober 2020

Ketika Bisnis Esek-esek, Jerat Gadis Dibawah Umur

PATI – PATINEWS.COM Praktik bisnis esek-esek di Pati dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh…

19 Oktober 2020

Diikuti 26 Coach Profesional, Pati Jadi Tuan Rumah Kursus Lisensi Kepelatihan B PSSI

OLAHRAGA, PATINEWS.COM Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah pelatih-pelatih…

19 Oktober 2020

Diakui Dunia, Generasi Muda Wajib Lestarikan Budaya Wayang Kulit

BUDAYA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan yang bertujuan untuk nguri-uri budaya ini.…

19 Oktober 2020

282 KK di Desa Karangsari Cluwak, Peroleh Bantuan Sosial Tunai

CLUWAK, PATINEWS.COM COVID-19 Merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Coronavirus Disease yang menyebar sangat cepat…

19 Oktober 2020