7 Penyebab Batuk Berdarah yang Mematikan

Batuk berdarah merupakan batuk yang disertai dengan darah. Dalam ilmu medis batuk berdarah juga disebut dengan hemoptisis yang menunjukan adanya indikasi penyakit yang berbahaya sedang bersarang di tubuh. Batuk berdarah ini bisa menyerang berbagai kalangan, dari mulai anak kecil hingga orang yang sudah lanjut usia. Jika seseorang mengalami batuk berdarah, maka hendaklah secepatnya mencari pertolongan medis, karena batuk berdarah jika dibiarkan akan menjadi penyakit yang mematikan, bahkan bisa merenggut nyawa seseorang.

Batuk Berdarah bisa menyerang siapapun secara tiba-tiba. Batuk berdarah yang menyerang secara tiba-tiba menandakan bahwa ada yang tidak baik pada tubuh seseorang.

Berikut adalah beberapa penyebab batuk berdarah:

  1. Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit peradangan pada jaringan paru-paru yang bisa mengakibatkan batuk berdarah. Biasanya batuk berdarah yang disebabkan oleh Bronkitis tidak begitu mematikan, hanya saja perlu ditangani secara cepat agar tidak berkelanjutan dan memasuki tahapan yang lebih serius.

  1. TBC

Penyebab batuk berdarah berikutnya adalah TBC atau tuberculosis.  Beberapa orang yang mengidap penyakit TBC ini harus mendapatkan pertolongan medis secara cepat, rutin dan berkala. Penyakit TBC ini merupakan salah satu golongan dari penyakit paru-paru.

  1. Narkoba
Baca juga:   Manfaat Pijat Bayi

Narkoba jiga disalahgunakan akan menyebabkan batuk berdarah. Dalam beberapa studi kasus menyebutkan bahwa dengan menyalahgunakan narkoba dapat mengakibatkan batuk berdarah. Salah satunya adalah obat pengencer darah.

  1. Kelainan Pembuluh Darah

Kelainan pada pembuluh darah adalah penyebab terjadinya batuk berdarah. Terutama kelainan pembuluh darah pada paru-paru. Jika terjadi kelainan pada pembuluh darah pada paru-paru bisa mengakibatkan batuk berdarah. Namun jangan khawatir, karena kelainan pada pembuluh darah masih bisa di tangani oleh tenaga medis.

  1. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung juga bisa menyebabkan batuk berdarah. Salah satu golongan penyakit jantung yang juga bisa menyebabkan batuk berdarah adalah stenosis mitral.

  1. Batuk Berkepanjangan

Jika seseorang sering mengalami batuk, yang dialami selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, itu bisa menjadi penyebab batuk berdarah. Karena dengan keseringan batuk bisa mengakibatkan adanya luka pada tenggorokan, atau bahkan ada peradangan didalam paru-paru. Biasanya dialami oleh orang yang terkena asap rokok, sering keluar malam dan banyak terkena polusi udara.

  1. Masalah pada paru-paru

Penyebab yang sudah pasti menyebabkan batuk berdarah secara tiba-tiba adalah adanya masalah pada paru-paru.

7 Penyebab Batuk Berdarah yang Mematikan | review | 4.5

Leave a Reply