4 Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Anak

Manfaat Susu Untuk Generasi Maju

Setelah selesai melaksanakan tugas memberikan ASI eksklusif selama enam bulan dan dilanjut hingga dua tahun, bunda mungkin mulai mempertimbangkan pemberian susu pengganti ASI tersebut. Walaupun memang tetap usahakan untuk memberikan anak asupan ASI sampai dengan usia 2 tahun. Tapi bunda bisa beri makanan pendamping ASI. Salah satu susu yang dapat bunda jadikan pilihan adalah susu UHT. Mengapa? Karena praktis, mudah didapatkan, enak, dan banyak digemari dari anak kecil hingga orang dewasa.  Dengan demikian kebutuhan gizi anak yang terpenuhi tersebut, menjadikan anak generasi maju yang produktif, cerdas, dan kritis.

Jika dilihat dari kandungan gizi sih hampir sama dengan susu pada umumya. Sedangkan jika dilihat dari proses, susu UHT adalah susu yang telah mengalami proses pemanasan pada sushu 135 derajat celcius selama 1-2 detik sebelum akhirnya dilakukan pengemasan. Waktu pemanasan yang sangat singkatt ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit tanpa sedikitpun merusak/ mengurangi kandungan gizi yang terdapat dalam susu.

Selain itu, proses ini juga membuat aroma dan rasa susu relative sama dengan susu murni. Saat sudah dalam bentuk kemasan, susu UHT dapat disimpan kurang lebih 3-6 bulan. Lantas sebenarnya apa sih manfaat suus UHT bagi anak generasi maju? Langsung saja berikut 4 manfaat susu UHT bagi kesehatan anak.

  1. Sumber kalsium

Manfaat yang pertama dari susu UHT adalah sebagai sumber kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Pasalnya anak yang kekurangan kalsium menyebabkan tulang dan gigi mereka menjadi rapuh dan tak bisa tumbuh secara optimal. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah anak dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi dan stroke. Anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 500 mg kalsium setiap harinya untuk menjaga kesehatan. Sedangkan dengan mengkonsumsi segelas susu UHT mengadung 300 mg kalsium. Sehingga segelas susu UHT ditambah dengan mekanan lain seperti yougourt sudah cukup memebuhi kebutuhan kalsium pada anak.

  1. Sumber protein
Baca juga:   Gejala Dan Penyebab Serangan Jantung

Selanjutnya adalah sebagai sumber protein. Protein adalah zat pembangun yang wajib ada dalam setiap sajian menu harian anak. Anak yang kekurangan protein dapat menghambat perkembangan mereka bahkan menyebabkan gizi buruk. Nah dengan mengkonsumsi susu UHT ini dapat menjadi salah satu sumber protein hewani yang mudah untuk dijumpai.

  1. Sumber lemak dan energy

Banyak orang dewasa yang suka menghindar dari lemak yang terkandung dalam susu sehingga lebih memilih susu yang rendah lemak. Namun hal ini bertolak belakang dengan anak-anak. Selain mengandung karbohidrat, anak juga membutuhkan lemak yang berfungsi sebagai sumber energy. Dimana lemak ini dibutuhkan untuk perkembangan otak dan penyerapan beberapa jenis vitaman seperti A, D, E, dan K. nah untuk mendapatkan lemak susu sapi, bunda dapat memberikan apada anak susu UHT full cream.

  1. Kandungan mikronutrien dalam susu

Dan manfaat susu UHT bagi kesehatan anak terakhir adalah mengandung berbagai mikronutrien seperti vitamin A dan B, mineral baik zink, magnesium, fosfor, dan juga selenium. Selain itu, kandungan mikronutrien juga berperan penting dalam proses metabolism dan kerja enzim dalam tubuh anak.

Itu dia 4 manfaat susu UHT bagi kesehatan ini. Setelah bunda mengetahuinya, kira-kira apakah bunda masih merasa bingung? Tentu saja tidak dong. Yang terpenting adalah lihat tanggal kadaluwarsanya sebelum diberikan pada anak. Anda juga boleh memberikan asupan makanan lain yang juga berkualitas.

4 Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Anak | review | 4.5

Leave a Reply