Wabup Pati : Kuatkan Pertanian Lokal, Jangan Sedikit – sedikit Impor

Wabup Pati : Kuatkan Pertanian Lokal, Jangan Sedikit – sedikit Impor

PatiNews.Com – Kota,

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) bersama dengan Kepala Dinas Pertanian, mengadakan rapat kerjasama dengan PT Pertani (Persero). Selasa, 21 Juli 2020.

Rapat tersebut, menurut Wabup dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas di tingkat petani sehingga mereka bisa mendapatkan nilai lebih dari usaha pertanian mereka.

“Kita harus memikirkan tentang bagaimana para petani ini bisa mendapatkan benih terbaik dengan harga yang kompetitif dan tentunya yang paling penting adalah metode pemasaran tepat,” sambungnya.

Jika hasil produksi pertanian mereka punya nilai lebih, harapannya pendapatan para petani pun dapat ikut meningkat.

“Jika bibit unggul, produktivitas bagus tentunya kita tidak akan pernah berpikir untuk impor. Sebab produk lokal bisa kita berdayakan dengan maksimal dan tentunya ketahanan pangan ini akan jadi kekuatan nasional,” lanjut Safin.

Dengan harga panen yang cukup kompetitif, menurut Wabup, imbasnya petani juga yang akan diuntungkan.

“Tak seperti saat ini dimana justru importir-importir yang lebih diuntungkan,” kata Wabup.

Kepada peserta rapat, Safin juga menekankan untuk menguatkan pertanian lokal.

“Ini yang penting perlu kita catat bahwa jangan sampai sedikit-sedikit kita import. Kita kuatkan saja pertanian lokal, syukur-syukur petani Pati bisa meningkatkan pasokan untuk stok pangan nasional. Saya yakin petani kita mampu,” harap Wabup.

Sementara itu, Lalan Sukmaya, Direktur Operasional PT Pertani Persero mengatakan bahwa pihaknya yang mempunyai wilayah kerja di Kabupaten Pati, telah berupaya untuk bisa mengoptimalkan aset yang berupa sarana produksi pertanian yang disinergikan dengan Pemerintah Kabupaten Pati.

“Mudah-mudahan kami bisa turut mendukung Pak Wabup dalam mewujudkan visi beliau dalam mensejahterakan petani,” sambung Lalan.

Ia juga mengaku bahwa, pihaknya punya pengering di Jepara yang akan dipertimbangkan untuk bisa digeser ke Pati guna membantu masyarakat wilayah Pati dalam mengeringkan gabah.

“Kami Insya Allah akan pikirkan termasuk penyediaan benih yang telah disampaikan wakil bupati bahwa produk kami jauh lebih baik dari yang multinasional impor,” terangnya.

Ia pun sepakat untuk mendukung produk lokal yang memiliki kualitas bagus dan harganya jauh lebih murah dari impor.

(pn/ prk/ hms)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Di Solo, Wajib Coba Kuliner ini

Di Solo, Wajib Coba Kuliner ini Belum ke Solo kalau belum mencoba kuliner dengan citarasa…

25 September 2020

Senangnya Mbah Dadiguno, Rumahnya Selesai Direhab

BATANGAN, PATINEWS.COM Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani,SE, M.I.Pol didampingi Forkopincam Batangan, Kades Bulumulyo…

25 September 2020

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19 MARGOYOSO, PATINEWS.COM Kita masih bersyukur dengan keadaan sekarang. Meski masih dalam…

25 September 2020

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto, kembali mengikuti istighosah rutin…

25 September 2020

Infografis Pelabuhan Bajomulyo 23 September, 17 Kapal Masuk Nilai Produksi 5,9 M

JUWANA, PATINEWS.COM Rabu, 23 September 2020, data infografis yang dirilis Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo,…

24 September 2020

Mushola di Kali Putih Plaosan, Dapat Perhatian Kodim Pati

CLUWAK, PATINEWS.COM Kodim 0718/Pati bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kabupaten Pati menyerahkan bantuan untuk…

24 September 2020