fbpx

Tolak Pendirian Pabrik Semen, Warga Desa Larangan Gelar Tradisi Ruwat Mata Air

ilustrasi

ilustrasi

Tambakromo – Rencana PEMDA Kabupaten Pati untuk pendirian pabrik semen, tepatnya di Pegunungan Kendeng utara, terus mendapatkan penolakan dari warga sekitar. Kali ini warga yang melakukan penolakan berasal dari desa Larangan, kecamatan Tambakromo, kabupaten, bentuk penolakan warga yaitu dengan melakukan ruwatan sumber mata air. Warga berharap, pihak pabrik semen dan pihak-pihak yang memaksa mendirikan pabrik untuk dapat mengurungkan niat, demi lestarinya kawasan Gunung Kendeng dan sumber mata air tetap terjaga.

Puluhan warga berbondong-bondong menggelar ritual ruwat sumber mata air di Sendang Manten. Warga berharap doa-doa yang dipanjatkan dapat membuka hati pemerintah dan pihak semen untuk mengurungkan niatnya mendirikan pabrik diwilayah tersebut.

Baca juga:   Bila PTUN Terima Gugatan, Indocement Siap Tidak Bangun Pabrik di Pati

Pada musim kemarau panjang seperti ini, sendang manten merupakan satu-satunya sumber mata air yang tersisa di Desa Larangan. Sehingga warga memanfaatkan air sendang tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga praktis bila pembangunan semen terlaksana, akan hilang sumber mata air.

Sumber: Manteb

Tolak Pendirian Pabrik Semen, Warga Desa Larangan Gelar Tradisi Ruwat Mata Air | patinews.com | 4.5

Leave a Reply