membangun kabupaten pati

Tinjau Pabrik Tepung Tapioka di Ngemplak Kidul Margoyoso, Begini Ekspresi Dandim

Tinjau Pabrik Tepung Tapioka di Ngemplak Kidul Margoyoso, Begini Ekspresi Dandim

Tinjau Pabrik Tepung Tapioka di Ngemplak Kidul Margoyoso, Begini Ekspresi Dandim

PatiNews.Com – Margoyoso, Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Pati, adalah salah satu desa produsen tepung tapioka terbesar di dataran pulau jawa, dengan konsep Home industry Desa Ngemplak kidul hampir sebagian besar warganya mendulang rejeki dengan produksi tepung tapioka.

Di masa saat ini rendahnya harga tepung tapioka yang mencapai penurunan sangat drastis berkisar di harga Rp. 3.800 s/d Rp. 4.500 dibandingkan dengan harga bahan baku yang sudah mencapai Rp. 1.400/ kg, sangat membuat para warga merasa kesulitan dalam melaksanakan produksi.

Dengan kondisi yang demikian Dandim 0718/Pati, Letkol Inf. Andri Amijaya Kusumah dalam rangka pemantauan stabilitas ekonomi di wilayah pati langsung mendatangi salah satu pengusaha di wilayah Desa Ngemplak kidul, setidaknya dapat mengetahui kondisi sebenarnya di lapangan. (Selasa, 14 Nopember 2017).

Dalam Tinjauan ke lokasi produksi, ternyata banyak masukan yang salah satunya adalah pernyataan dari warga adanya import tepung tapioka dari luar negeri, selain itu faktor yang menyebabkan turunnya harga karena saat ini di daerah lampung sedang panen raya sedangkan di wilayah Jateng sudah mulai langka pohon ketela yang mau di produksi.

Salah satu produsen bernama Andika yang saat itu di temui oleh Dandim 0718 mengaku sangat kaget dan sangat senang bahwa seorang Komandan Kodim langsung meninjau ke lapangan, “kami sangat bangga dengan TNI karena memperhatikan betul segala sesuatu yang terjadi di wilayah, termasuk kami pelaku produksi tepung Tapioka”, ujarnya.

“Jadi inilah yang kami lakukan sebagai satuan Teritorial, laporan dari masing – masing Koramil yang bersumber dari laporan Babinsa, apapun yang menjadi keresahan warga di desa binaanya, maka kami akan menghimpun dan akan kami upayakan ke tingkat satuan atas, sehingga permasalahan sekecil apapun bisa mendapatkan solusi dan bisa menjadi gambaran kepada pimpinan kami”, kata Dandim

“Saya sebagai Dandim memastikan keakuratan laporan yang berasal dari lapangan, dengan cara beginilah saya dapat mengetahui langsung dengan anjangsana ke lokasi, terima kasih Babinsaku kalian Luar biasa”, tegas Dandim 0718/Pati tersebut. (dm)

Tinjau Pabrik Tepung Tapioka di Ngemplak Kidul Margoyoso, Begini Ekspresi Dandim | redaksi@patinews.com | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!