membangun kabupaten pati

Tim Survey Verifikasi Akreditasi, Kunjungi RSUD Soewondo Pati

Tim Survey Verifikasi Akreditasi, Kunjungi RSUD RAA Soewondo Pati

Tim Survey Verifikasi Akreditasi, Kunjungi RSUD RAA Soewondo Pati

PatiNews.Com – Kota, Bertempat di Aula RSUD Soewondo, dr Edhy Sihrahmat MARS dan Maria Vonny Helda Rumampuk S.Kp M.Si M.Kep selaku Suveyor Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) diterima langsung oleh Bupati, Wakil Bupati Pati dan segenap jajaran managemen rumah sakit RS Soewondo Pati. Selasa (14/11).

Menurut Edhy, verifikasi ini merupakan program lanjutan, dimana setiap rumah sakit setelah dilakukan penilaian, entah itu hasilnya utama, madya atau paripurna, setiap tahun harus dinilai ulang. Dinilai ulang itu untuk melihat apakah Rumah Sakit telah menjalankan program akreditasi dengan baik dan benar.

“Verifikasi ini memang tiap tahun dilakukan dan di Rumah Sakit RSUD Soewondo ini, hari ini menjalankan verifikasi untuk tahap pertama”, terangnya.

Verifikasi ini, lanjut Edhy, adalah untuk menilai apakah hasil paripurna yang lalu telah 100 persen. Dalam paripurna ada rekomendasi-rekomendasi yang harus diperbaiki, dievaluasi apakah rekomendasi yang muncul satu tahun kemarin dan satu tahun kedepan ini sudah dilakukan atau belum.

“Ini bukan penilaian ulang, hanya verifikasi. Setiap tahun program ini akan diverifikasi, baru nanti pada tahun ketiga akan dilakukan penilaian ulang,” jelas Edhy.

Dikatakannya pula bahwa verifikasi ini adalah salah satu bentuk konsistensi. Untuk itu pihak Rumah Sakit harus proaktif dengan mengajukan verifikasi. Namun demikian, Edhy meminta agar para pegawai dan staf RSUD Soewondo tidak terlalu tegang dan berdebar menghadapi verifikasi ini. “Kalau berdebar seperti mau ketemu pacar, berarti ada persoalan. Kalau semua aspek penilaian rutin dilakukan tiap hari, mestinya ya tak perlu deg-degan”, ujar Bupati Pati Haryanto menimpali.

Haryanto pun menyambut baik verifikasi ini. “Saya malah senang karena ada pihak luar yang membantu membenahi kualitas rumah sakit, karena RSUD Soewondo Pati ini sekarang kan sudah menjadi rumah sakit rujukan untuk Pantura Timur”, terang Haryanto.

Apalagi menurut Bupati, masyarakat kini makin kritis. “Kalau kita tidak sungguh-sungguh membenahi kualitas maka kita akan mudah jadi bahan bully-an netizen saat ada masyarakat yang dikecewakan dengan pelayanan rumah sakit pemerintah”, tegas Haryanto. (hms)

Tim Survey Verifikasi Akreditasi, Kunjungi RSUD Soewondo Pati | redaksi@patinews.com | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!