Tempat Bersejarah, Sendang Segaran di Mojoagung Trangkil Diharapkan Dibangun Kembali

TRANGKIL, PATINEWS.COM

Sebagai salah satu tempat bersejarah di Kabupaten Pati, bekas petilasan Eyang Sukmoyono dan Sendang Segaran yang terletak di Desa Mojoagung Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Jateng diharapkan dibangun kembali.

“Memang tempat ini merupakan tempat yang sangat bersejarah karena menyangkut tentang asal muasal daripada Babad Pati. Dan disini merupakan suatu tempat dimana tempat ini, oleh masyarakat setempat dianggap tempat sakral, jadi termasuk siapapun yang akan menjabat sebagai seorang Bupati Pati terutama dia akan selalu berdialog disini atau mencari inspirasi,” terang Susilo Budi, Kades Mojoagung saat meninjau lokasi petilasan. (08/10).

Terkait kendala pembangunan, lanjut Kades, untuk sendang atau petilasan Sukmoyono yakni masalah debit air yang menurun.

“Oleh sebab itu, mungkin dari Pemdes atau dengan Pemprov (Jateng .red) ataupun Pemkab nanti bias membantu sekitar sumber mata air. Supaya sumber mata air bias mengaliri sendang tersebut. Sehingga nantinya kalau itu sudah terisi air otomatis akan bias menjadikan suatu tempat dimana tempat itu akan seperti sediakala sebelum debit airnya menurun,” imbuh Susilo.

Untuk memenuhi kembali debit air di Sendang tersebut, menurut Kades, butuh pengeboran. “Ini termasuk tempat yang sangat bersejarah, kita akan merawat sebagaimana tradisi yang sudah ada, karena ini termasuk dalam sejarah Pati,” jelasnya.

Sementara itu Eko Edy Waluyo, selaku ketua BUMDES Mojomakmur Desa Mojoagung yang bakal mengelola tempat bersejarah tersebut mengungkapkan Sendang Segaran ini nantinya bisa dikembangkan untuk menunjang sarana dan prasarana wisata local di daerah bekas petilasan Eyang Sukmoyono.

“(Diharapkan) bisa mendongkrak kembali, karena disini setiap tahunnya itu kita juga ada namanya sedekah bumi, acara wayangan disini. Agar kembali asri, ditata kembali dan bermanfaat,” harapnya.

“Dulu tempat ini saya gunakan untuk berenang waktu jaman saya kecil, tapi sekarang sudah tidak ada airnya. Saya berharap, mungkin bantuan dari pihak – pihak yang berkaitan bisa membantu kami BUMDES Mojomakmur untuk kembali menghidupkan suasana asri, suasana yang sejuk di daerah Segaran ini,” terangnya.

Selain berharap dibangun, pihaknya juga ingin membuat pemancingan. “Rencananya jika disini sudah ada airnya, sebagian dari keuntungan atau CSR (Corporate Social Responsibility) dari pemancingan mau saya arahkan untuk saya masukkan ikan disini supaya nanti dalam setahun sekali mungkin kita bisa gunakan tempat ini untuk bedah (makan) ikan bersama-sama sebagai hiburan rakyat juga sebagai bisa memberikan bantuan lauk pauk, harapan saya seperti itu, namun saat ini masih terkendala debit air,” urai Eko.

(*pn/ab)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Diakui Dunia, Generasi Muda Wajib Lestarikan Budaya Wayang Kulit

BUDAYA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan yang bertujuan untuk nguri-uri budaya ini.…

19 Oktober 2020

282 KK di Desa Karangsari Cluwak, Peroleh Bantuan Sosial Tunai

CLUWAK, PATINEWS.COM COVID-19 Merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Coronavirus Disease yang menyebar sangat cepat…

19 Oktober 2020

Manfaatkan Lahan Pekarangan dengan Tanaman Hortikultura

GEMBONG, PATINEWS.COM Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Reguler dari rumah kelompok 10 Universitas…

19 Oktober 2020

RS Keluarga Sehat Tarik Alkes Bermerkuri

RS Keluarga Sehat Tarik Alkes Bermerkuri PATI, PATINEWS.COM Orang pasti sudah tidak asing lagi dengan…

19 Oktober 2020

Pengunjung Waduk Gunungrowo Akui Senang dengan Kegiatan Bagi-bagi Masker oleh Kelompok 10 KKN RDR UIN Walisongo

Pengunjung Waduk Gunungrowo Akui Senang dengan Kegiatan Bagi-bagi Masker oleh Kelompok 10 KKN RDR UIN…

19 Oktober 2020

KKN UIN Walisongo, Adakan Kegiatan Pembuatan Cairan Disinfektan di Bulumanis Lor

KKN UIN Walisongo, Adakan Kegiatan Pembuatan Cairan Disinfektan di Bulumanis Lor MARGOYOSO, PATINEWS.COM Mahasiswa Kuliah…

18 Oktober 2020