Tak Hanya Dibuat Es, di Dukuhseti Ada Lho Nasi Bakar Kelapa Kopyor

Patinews.com – Dukuhseti, Tak hanya segar untuk dibuat es, Kelapa Kopyor ternyata ada versi kulinernya lho. Yakni “Nasi Bakar Kelapa Kopyor” yang ada di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah.

Kecamatan ini merupakan penghasil kelapa kopyor terbaik bahkan dikenal terlezat.

Laila Hikmatus, pembuat kuliner tersebut adalah warga Desa Ngagel. Awalnya kelapa kopyor dikupas pada salah satu ujungnya. Kemudian, dimasukkan beras seukuran gelas kecil.

“Yang terpenting air kelapa jangan dibuang. Karena air kelapa inilah yang akan mengubah rasa menjadi sensasi yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Lalu, kopyor yang yang telah ditambahkan beras itu diberi bumbu tumis, seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan daun salam.

Baca juga:   Gudang Penggilingan Padi di Gabus Dibobol Maling, Beras Tiga Ton Raib

Agar lebih gurih dan enak, bisa juga ditambah daging, ikan asin, dan telor yang dipotong kecil. Setelah itu, bahan – bahan tersebut dimasukan ke dalam kelapa kopyor. Lalu dibakar di atas tungku.

Saat kulit kelapa sudah mulai membara karena terbakar api dan berwarna kehitaman, maka menu Nasi Bakar Kelapa Kopyor siap disajikan. Lebih nikmat lagi ditambah es kelapa kopyor. Nah cocokkan untuk berbuka puasa. (pn/ dr).

Tak Hanya Dibuat Es, di Dukuhseti Ada Lho Nasi Bakar Kelapa Kopyor | patinews.com | 4.5

Leave a Reply