Categories: Berita

Stok Darah Menipis, PMI Pati Berlakukan Sistem Tukar Darah

Stok Darah Menipis, PMI Pati Berlakukan Sistem Tukar Darah

PATINEWS – Kota, Petugas PMI Kabupaten Pati akhirnya memberlakukan sistem tukar darah guna  menanggulangi stok darah yang semakin menipis hal ini terkait dengan masih sulitnya untuk mencukupi pasokan darah di Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Pati.

Humas Unit Transfusi Darah PMI Pati, Safa’ati, mengungkapkan, kondisi stok darah semakin menipis sejak mendekati Hari Raya atau akhir Ramadhan. Sementara itu permintaan darah dari pasien terus meningkat pasca lebaran hingga saat ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, hingga hari Jum”at kemarin (29/6), stok darah yang tersedia di bank darah antara lain untuk golongan darah A sebanyak 17 kantung, golongan darah B sebanyak 28 kantung.

“Sementara itu, untuk golongan darah O terdapat 32 kantung. Sedangkan golongan darah AB hanya 6 kantung, dengan jumlah tersebut ada beberapa kantung darah milik pasien yang belum diambil,” imbuhnya.

Untuk mengatasi kekurangan stok darah itu, PMI pun menyiasatinya dengan memberlakukan sistem tukar darah. Safa”ati menjelaskan, pemberlakuan sistem ini dimana setiap pasien yang membutuhkan darah diminta menyiapkan dua pendonor darah, baik itu dari pihak keluarga ataupun kerabat yang siap mendonorkan darahnya. Kendati golongan darah yang disumbangkan itu berbeda dengan yang dibutuhkan atau yang diambil dari PMI.

“Namun sistem tukar darah ini pemberlakuannya hanya dilakukan sepekan terakhir ini. Setelah itu PMI mulai kembali aktif menghimpun darah kembali,” pungkasnya. (PN/ HMS)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com
Tags: patipmi pati

Recent Posts

Cara Mudah Memainkan Mobile Legends Di PC

Mobile Legends : Bang Bang merupakan salah satu game MOBA mobile yang paling populer saat…

10 jam ago

Sadar Akan Tantangan Industri 4.0, Prodi Perbankan Syariah IPMAFA Gelar Kuliah Pakar

Perkembangan Industri 4.0 memberikan perubahan besar dalam penyusunan strategi bisnis perusahaan tidak terkecuali pada industri…

17 jam ago

Cari Vendor Pernikahan Terpercaya? Yuk Hadiri Pati Utara Wedding Exhibition 2020

21-22 Maret 2020 “PATI UTARA WEDDING EXHIBITION 2020” . Sedang merencanakan pernikahan? Bingung dengan segala…

17 jam ago

“Hallo Pak Inggi”, Program Kades Jrahi Terima Aduan Warga

Patinews.com – Gunungwungkal, Usai dilantik menjadi Kepala Desa (Kades) Jrahi Kecamatan Gunungwungkal, Miko Adi Setyawan…

18 jam ago

Gandeng Binalattas Kemnaker RI, Optimis Hasil UMKM Pati Go Internasional

Patinews.com - Kota, Pemerintah Kabupaten Pati dalam hal ini diwakili oleh enam Organisasi Perangkat Daerah…

19 jam ago

Kadin Pati Dorong Pelaku UMKM “Go Ekspor”

Patinews.com - Batangan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pati siap menarik dan membina pelaku…

19 jam ago