Categories: BeritaJawa Tengah

SPP Gratis Mulai Januari 2020, Terlanjur Bayar Bakal Segera Dikembalikan

Patinews.com – Jateng,

Mulai bulan Januari 2020 ini, Program SPP gratis bagi siswa SMA/SMK/SLB negeri di Jawa Tengah diberlakukan. Bahkan, Siswa yang terlanjur membayar SPP hingga Juni 2020 berhak mendapatkan pengembalian dari pihak sekolah.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sela kunjungan kerja di Pekalongan, Selasa (7 Januari 2020).

Menurut Gubrnur, semua kepala sekolah telah mendapat sosialisi terkait program teresbut.

SPP gratis kami mulai tahun ini, kalau ada yang sudah terlanjur membayar full, maka kepala sekolah harus mengembalikan,” sambungnya.

Ganjar juga meminta kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah untuk menyosialisasikan kebijakan baru tersebut. Mereka mesti transparan dan tidak “bermain” anggaran, apalagi korupsi.

“Karena sekarang siswanya ikut mengawasi. Siswa saya dorong menjadi agen-agen antikorupsi di sekolah,” ujar gubernur.

Dia juga meminta agar pihak sekolah mengurangi pungutan yang dibebankan kepada siswa. Segala bentuk pungutan harus diketahui orang tua siswa dan harus disepakati bersama.

Yang benar-benar miskin, dilarang dimintai pungutan apapun. Saya minta ini dilaksanakan dengan baik,” sorot mantan anggota DPR RI ini.

Ada Sanksi Tegas

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng Jumeri menambahkan, dengan program SPP gratis itu, pihak sekolah harus mengubah Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS). Jika sebelumnya RKAS dibuat sesuai tahun ajaran baru selama satu tahun, maka untuk tahun ini RKAS dibuat hanya enam bulan, yakni mulai Januari hingga Juli 2020.

“Kami sudah mengirim surat edaran ke seluruh Kepala SMA/SMK/SLB negeri terkait hal itu. Kami juga sudah melakukan sosialisasi secara intensif,” ungkapnya

Disampaikan, seluruh kepala sekolah juga wajib mengembalikan pembayaran SPP yang terlanjur dilunasi oleh siswa. Apabila tidak dikembalikan secara utuh, maka akan ada sanksi tegas yang diberikan.

“Kalau tidak dikembalikan, pasti kami ambil tindakan. Karena program SPP gratis ini bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi siswa, mengurangi drop out dan mengurangi kemiskinan di Jawa Tengah,” kata Jumeri.

Terkait pungutan, dia akan melakukan pengawasan secara intensif. Saat ini, sekolah tidak boleh mengambil pungutan tanpa seizin Dinas Pendidikan atau cabang dinas.

“Pungutan harus selektif dan harus seizin kami. Akan kami lihat urgensi pungutan itu. Pungutan juga harus transparan, sukarela dan tidak memaksa. Kepada siswa yang benar-benar tidak mampu, harus dibebaskan dari segala bentuk pungutan,” imbuh Jumeri.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggratiskan biaya pendidikan bagi siswa SMA/SMK/SLB negeri mulai 2020.

Anggaran sebesar Rp. 860,4 miliar disiapkan untuk menyukseskan program itu. Selain itu, Pemprov Jateng juga memberikan subsidi kepada sekolah-sekolah swasta berupa bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) besesar Rp123,85 miliar. Bosda untuk MA negeri dan swasta juga disiapkan sebesar Rp26,5 miliar. (pn/ Humas Jateng)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Atasi Luapan Air di Jalur Pati – Juwana, Kali Simo Segera Dinormalisasi

Patinews.com - Kota, Luapan ari dari aliran kali Simo yang melanda Jalan Pati- Jwuana terjadi…

1 jam ago

Marak Produk Kecantikan Berbahaya, Bupati Minta Masyarakat Selektif Pilih Perawatan

Marak Produk Kecantikan Berbahaya, Bupati Minta Masyarakat Selektif Pilih Perawatan PatiNews.Com - Kota, Bupati Pati…

4 jam ago

Tak Kuat Menahan Derasnya Arus Sungai, Jembatan di Dukuh Cari’an Kayen Putus

Tak Kuat Menahan Derasnya Arus Sungai, Jembatan di Dukuh Cari'an Kayen Putus PatiNews.Com - Kayen,…

7 jam ago

Banyak Motor Mogok Akibat Terjang Luapan Air, Kasatlantas Polres Pati Terjun Langsung

Banyak Motor Mogok Akibat Terjang Luapan Air, Kasatlantas Polres Pati Terjun Langsung PatiNews.Com - Kota,…

7 jam ago

Tergerus Arus Sungai, Kandang Sapi di Margorejo Roboh

Tergerus Arus Sungai, Kandang Sapi di Margorejo Roboh PatiNews.Com - Margorejo, Curah hujan yang tinggi…

7 jam ago

Air Meluap, Ruas Jalan Pati – Tayu Macet

Air Meluap, Ruas Jalan Pati - Tayu Macet PatiNews.Com - Kota, Hujan yang mengguyur wilayah…

14 jam ago