Siaga Bencana, Korps Sukarela PMI Pati Ikuti Pendidikan Dasar di Jollong

Siaga Bencana, Korps Sukarela PMI Pati Ikuti Pendidikan Dasar di Jollong

Patinews.com – Gembong, Pendidikan Dasar bagi Korps Sukarela (KSR) Unit Markas PMI Kabupaten Pati yang bertempat di Argo Wisata Jollong Pati, dibuka oleh Bupati Pati Haryanto. (20/09).

Acara ini turut dihadiri oleh Sekda, Ketua TP PKK Kabupaten Pati, Camat Gembong, Kapolsek, Danramil Gembong dan manajer PT Kebun Jollong.

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa, menjadi relawan adalah panggilan hati. Dengan bergabung di Korps Sukarela (KSR) namun tidak aktif, menurut Bupati itu merupakan hal yang sia-sia.

Ia memotivasi calon anggota dengan menjadi relawan hanya untuk mencari pahala, karena yang dihadapi orang terkena musibah seperti banjir, kebakaran, puting beliung, dan sejenisnya.

“Oleh karena itu pada sore hari ini paling tidak mengenal dan nanti dididik latihan dasar cara-cara pelatihan dasar menangani bencana alam. Nanti teman-teman KSR dan calon anggota KSR niat kita adalah berbuat sesuatu yang baik minimal kita tidak bisa memberikan sumbangan dalam bentuk material tetapi kita punya tenaga untuk berbuat sesuatu yang baik, kalau pakai dana bisa memberikan shodaqoh atau infaq,” jelas Bupati.

Haryanto berharap anggota PMI yang tergabung dalam pelatihan selama tiga hari ini (20-22 September) bisa mengikuti latihan dasar untuk bekal menghadapi persoalan di lapangan mengatasi kebencanaan.

Amran Hirmawan Ketua Pelaksana PMI Pati mengatakan tujuan diadakan acara ini adalah mencari calon KSR serta membangun jiwa peduli kemanusiaan dan tanggap bencana. Pelatihan ini juga sebagai syarat utama yang harus dilalui calon anggota sebelum dinyatakan lulus menjadi anggota korps sukarela PMI Kabupaten Pati.

“Korps sukarela PMI Kabupaten Pati sebagai organisasi kepalang merahan sebagai tenaga sukarela yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, memberikan pengabdian pada masyarakat secara langsung serta menyikapi musim hujan yang sering menjadi bencana bagi daerah-daerah tertentu di Kabupaten Pati,” tandas Amran.

Pelatihan ini diikuti oleh 50 calon anggota (18 Perempuan dan 32 Laki-aki), 25 anggota panitia, pembantu umum Seluruh Anggota KSR PMI Kabupaten Pati Jumlah 10 orang. (pn/ hms)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Patroli Gabungan, Polsek Sukolilo Cegah Tawuran Antar Desa

Patroli Gabungan, Polsek Sukolilo Cegah Tawuran Antar Desa PatiNews.Com - Sukolilo, Bersama Sat Sabhara, Sat…

29 Mei 2020

Gus Mus, Ulama Kharismatik

Gus Mus, Ulama Kharismatik Penulis: Eva Ismayani Putri KH. A. Mustofa Bisri atau panggilan akrab…

29 Mei 2020

Resep Rendang Ayam yang Membuat Kamu Ketagihan Saat Mencobanya

Rendang merupakan olahan daging yang kaya akan bumbu serta rempah yang penyajiannya terhitung susah susah…

29 Mei 2020

MAU TAHU? INILAH BEBERAPA FILM YANG MENGANGKAT SEJARAH INDONESIA

Sejarah Indonesia memang memiliki berbagai cerita tentang perjuangan yang mengagumkan, Semangat untuk memerdekakan Republik Indonesia…

28 Mei 2020

Kisah Gonggik, warga Sluke Rembang yang selamat dari Kejadian Tebing Longsor di Desa Blimbing

REMBANG,Dua orang meninggal dunia dan satu orang terluka akibat tebing longsor di lokasi tambang Desa…

28 Mei 2020

Virus Malas, Merusak Kehidupan Dunia dan Akhirat

Virus malas yang menjangkiti setiap manusia merupakan biang penyakit yang sangat berbahaya dan merusak kehidupan…

28 Mei 2020